10 Fitur Terbaru Android Pie 9 Yang Berguna Untuk Kamu

0
53

10 Fitur Terbaru Android Pie 9 Yang Berguna Untuk Kamu – Google resmi mengumumkan peluncuran Android P. Kata P sendiri yaitu singkatan dari Pie yang diambil huruf depannya saja. Android 9 “Pie” adalah penerus sistem operasi Android 8.1 “Oreo” yang merupakan Android versi ke 9 dan urutan ke-16 dalam silsilah keluarga sistem operasi Android, untuk versi kgpengembangan nya pertama kali diperkenalkan ke publik pada ajang Google I/O 2018 dan dirilis ke publik pada 6 Agustus 2018. Di Android Pie ini, banyak fitur – fitur terbaru yang ditambahkan dari Android sebelumnya.

Fitur – Fitur Terbaru Android Pie 9fitur baru android pie

Apa saja fitur yang ditambahkan pada Android Pie ? Di artikel ini akan membahas berbagai macam fitur terbaru yang diusung pada Android Pie, langsung saja kita mulai dari yang pertama

Baca Juga : 4 aplikasi android untuk kamu yang hobi streaming musik

1. Editing Screenshotfitur editing screenshot salah satu di android pie

Android Pie masih menggunakan cara pemgambilan gambar screenshot dengan menekan tombol power dan volume down secara bersamaan. Nah di fitur terbaru ini, setelah anda mengambil gambar screenshot terdapat opsi untuk penyuntingan, jadi pasti akan memudahkan anda untuk mengedit tanpa harus membuka gambar terlebih dahulu di galeri.

2. Mode gelap

mode gelap android pie

Android Pie menambahkan fitur Mode gelap kedalam OS nya, dulu fitur ini sempat ada dalam Android Oreo. Namun, Google menarik fitur tersebut dan menjadikan fitur utama di Android Pie.

3. Smart reply dari notifikasismart reply android pie

Pada notifikasi, Android Pie membulatkan semua tampilan di dalam notifikasi termasuk di bagian quick settings dan tray notifikasi. Selain itu, di notifikasi Android Pie mampu menampilkan konten seperti gambar dari aplikasi pesan instan, berikut opsi untuk langsung membalas percakapan.

4. Navigasi berbasis gesturswip gesture android pie

Google memperbaharui navigasi pada Android Pie. berbeda dengan Android sebelumnya, navigasi pada Android Pie menggunakan gestur swiping. Sapukan jari ke kanan untuk ”back”, ke kiri untuk berganti aplikasi yang telah dibuka, dan tombol elips kecil di tengah berfungsi sebagai tombol home untuk kembali ke layar home.

5. Adaptive batteryadaptive battery

Fitur ini menggunakan kecerdasan buatan (AI) untuk melacak penggunakan aplikasi oleh pengguna, termasuk kapan saja waktu pemakaiannya. Fitur ini bertujuan untuk meningkatakan efisiensi penggunaan daya dan menghemat baterai.

6. Kunci Rotasirotation lock android pie

Pada versi Android Pie ini, Pengguna dapat mengunci tampilan pada orientasi tertentu. Jadi tidak perlu repot untuk membolak-balikan perangkat karena mendadak berubah menjadi portrait atau sebaliknya.

7. Mode LockdownMode Lockdown android pie

Pada sektor keamanan, Google menambahkan fitur baru yaitu Lockdown pada Android Pie. Fitur ini akan mengunci perangkat, lalu lalu menonaktifkan pemindai sidik jari dan voice unlock, serta tak menampilkan notifikasi di lock screen. Perangkat akan meminta kunci default seperti PIN atau pattern.

8. Simulasi Notch ”Poni”simulasi notch android pie

Android Pie menyediakan fasilitas  simulasi notch atau poni untuk developer, agar bisa melihat seperti apa tampilan aplikasinya di smartphone berponi. Caranya adalah dengan mengaktifkan Developer Mode, lalu mengaktifkan opsi “Simulate a display with a cutout” di bagian Drawing.

9. Do Not Disturbandroid pie

Fitur ini berfungsi untuk memblokir / menahan notifikasi yang tidak penting / menganggu. Biasa user mendapati ponselnya muncul notifikasi seperti pemberitahuan spam atau email phising yang cukup menganggu. Bisa dibilang fitur ini cukup membantu untuk menghilangkan notifikasi yang tidak penting.

10. Tampilan Baru Menu Pemberitahuanandroid pie

Google merombak hampir seluruh menu pemberitahuan yang mana sekarang lebih didominasi dengan icon berbentuk bulat.