27 Mei 2020
beda ssd dan hdd

Apa Aja Sih Perbedaan Antara SSD Dan HDD ?

Apa Aja Sih Perbedaan Antara SSD Dan HDD ? – Dewasa ini perkembangan dunia teknologi sangat pesat sekali ya sobat, apalagi di sektor perangkat penyimpanan. Jika dahulu ada perangkat penyimpanan yang disebut dengan HDD (Hard Disk Drive), maka saat ini dengan kebutuhan pengguna yang menginginkan penyimpanan berkecepatan tinggi maka munculah SSD (Solid State Drive).

Baca Juga : Pengertian Website Statis Dan Dinamis

SSD merupakan inovasi lanjutan dari HDD yang mana berfokus pada sektor kecepatan dan reliability agar kebutuhan user saat ini dapat diakomodir sobat. Pasalnya kegiatan berat seperti Rendering ataupun Design Grafis juga membutuhkan kecepatan penyimpanan yg mumpuni selain performa prosesor maupun VGA.

Perbedaan Antara SSD Dan HDD

Perbedaan SSD Dan HDD

SSD memiliki beragam keunggulan di banding HDD sobat seperti kecepatan baca tulisnya yang jauh mengungguli HDD walaupun harganya memang sedikit lebih mahal dari hard disk konvensional sobat. SSD dapat digunakan baik di komputer maupun laptop loh sobat dan juga tersedia versi internal dan juga eksternal yang dapat digunakan dengan fleksibel menggunakan USB.

Apa Itu SSD ?

apa itu ssd

 

SSD atau biasa disebut Solid State Drive merupakan perangkat penyimpanan data yang menggunakan chip memori berbasis silikon sebagai media untuk menulis ataupun membaca sebuah data sobat. Jadi SSD merupakan perangkat penyimpanan data seperti HDD namun memiliki konstruksi seperti USB Flash Drive yang tersusun dari beberapa IC sebagai memori.

Baca Juga : Download MOD BUSSID (Truck, Bus, Mobil) Terbaru 2020

Nah, mirip dengan USB Flash Drive komponen SSD tidak ada yang berupa komponen bergerak seperti HDD melainkan menggunakan microchips yang digunakan untuk menyimpan data atau informasi. Hal ini yang menjadi pembeda terbesar dari SSD dan HDD yang mana masih menggunakan cakram konvensional sehingga jauh lebih lambat dibanding SSD.

Keunggulan Dari SSD (Solid State Drive)

Keunggulan utama sebuah SSD adalah performa. Kami sudah menyebutkan diatas kalau komponen dari SSD tidak ada yang bergerak alias sepenuhnya elektronik. Nah, tanpa adanya proses pergerakan secara konvensional maka kecepatan baca dan tulisnya pun dapat meningkat secara drastis sobat.

Contohnya gini, ketika kalian menggunakan HDD dan melakukan booting pasti membutuhkan waktu sekitar 30 detik hingga 1 menit hingga masuk ke desktop, sedangkan ketika menggunakan SSD kalian hanya butuh 3 – 5 detik untuk masuk ke layar desktop sobat.

Tentunya jika kalian adalah gamer sejati hal ini dapat menjadi benefit utama ketika kalian sedang memainkan game sobat, karena dengan kecepatan baca tulisnya yang sangat cepat maka dapat dipastikan loading game kalian akan sangat singkat dan dapat meminimalisir loading aset yang lama.

Kekurangan Dari SSD

Karena teknologi yang diusung SSD ini masih cukup baru, maka harganya di pasaran pun cukup mahal sobat. Harga SSD dengan kapasitas 128GB setara dengan HDD berkapasitas 1 TB(1000 GB) sobat, tentunya jika kalian akan membeli sebuah laptop yang dibekali SSD secara pre-instaled maka kalian harus merogoh kocek yang cukup dalam sobat.

Apa Itu HDD (Hard Disk Drive) ?

Apa itu hdd

HDD atau biasa disebut Hard Disk Drive merupakan perangkat penyimpanan data yang menggunakan cakram magnetis untuk melakukan baca dan tulis data sobat. Nah, dipasaran HDD terdapat dua tipe yaitu eksternal dan juga internal.

Baca Juga : Download Hallo Ndasmu MOD APK Versi Terbaru 2020

HDD eksternal merupakan HDD portable yang dapat kalian lepas dan pasang sesuka hati sobat sedangkan HDD internal adalah HDD yang sudah dipasang didalam komputer atau laptop untuk digunakan sebagai media penyimpanan utama.

Keunggulan Dari HDD

Kebalikan dari SDD, keunggulan HDD ada pada kapasitas penyimpanan dan harga yang relatif terjangkau sobat. Dengan harga yang sama dengan SDD kalian sudah mendapatkan HDD berkapasitas 1 TB (1000 GB) loh sobat.

Kekurangan HDD

HDD memilik beberapa kekurangan seperti kecepatan baca dan tulisnya yang cukup lamban serta daya tahan cakramnya yang kurang durable dibandingkan dengan SSD. Ketika HDD kalian menghantam tanah dengan cukup keras maka dapat dipastikan HDD kalian akan langsung bad sector, hal ini berbanding terbalik dengan SSD yang memiliki durabilitas yang tinggi.

Kesimpulan

Baik HDD maupun SSD memiliki keunggulan dan kekurangannya masing – masing sobat. Hal ini terlepas dari pada kebutuhan kalian sendiri terhadap media penyimpanan itu sendiri apakah butuh yang cepat tapi mahal atau yang murah tapi kurang reliabel.

Semoga artikel tentang Apa Aja Sih Perbedaan Antara SSD Dan HDD ? dapat membantu kalian yang sedang mencari informasi perbedaan anatara SSD dan HDD ya sobat. See you di artikel lainnya ya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *