Apa Itu Cryptocurrency ? Semua Yang Perlu Anda Ketahui!

2
41

Apa Itu Cryptocurrency ? Semua Yang Perlu Anda Ketahui – Saat ini fenomena cryptocurrency sudah menjadi isu global yang sudah diketahui oleh banyak manusia, terutama mereka yang menggeluti dunia mining Bitcoin.

Cryptocurrency adalah sebuah asset digital yang berbentuk mata uang virtual yang didesain untuk mengamankan transaksi finansial menggunakan kombinasi kode kriptografi yang sangat kuat / complex.

Cryptocurrency sudah ada sekitar sepuluh tahun lalu dan saat ini sudah menjadi cukup populer, tersebar luas, serta diselimuti juga dengan banyak kontroversi dari perkembangannya yang cukup inovatif.

Mengutip dari situs Coinmarketcap.com, saat ini sudah ada 904 jenis mata uang kripto dan yang paling terkenal adalah Bitcoin.

Bitcoin ini pun berhasil mengerek harga mata uang kripto yang lain.

Baca Juga : Pengertian Bitcoin Beserta Keunggulan, Kekurangan dan Cara Mendapatkannya

Apa Itu Cryptocurrency : Unicorn Abad 21 Ataukah Mata Uang Masa Depan ?Apa itu cryptocurrency

Cryptocurrency adalah mata uang virtual di mana transaksinya hanya dapat dilakukan dalam daring (online).

Namun tidak seperti mata uang kertas yang dicetak, cryptocurrency didesain dengan menggunakan teori matematika berdasarkan ilmu kriptografi.

Mata uang virtual biasanya hanya bersifat terdesentralisasi. Artinya, secara umum sangat jauh lebih aman daripada mata uang yang sifatnya tersentralisasi / terpusat.

Nilai mata uang virtual berbasis kriptografi seperti Bitcoin itu pada umumnya berasal dari kelangkaannya, dan proses penciptaannya melalui teori matematika yang rumit, nilai enkripsinya unik, dan kepercayaan serta penggunaannya juga berasal dari keseluruhan penggunanya.

Cryptocurrency yang pertama kali hadir dan meraih kesuksesan adalah Bitcoin, yang ditemukan oleh orang berkebangsaan Jepang yaitu Satoshi Nakamoto.

Kesuksesan Bitcoin ini menjadi awal mula kemunculan cryptocurrency jenis baru yang mencoba untuk bersaing dengan Bitcoin.

Nilai kapitalisasi pasar Bitcoin dan beberapa cryptocurrency populer lainnya seperti Litecoin, Ethereum, Dogecoin, dengan cepat mendekati US$100 miliar atau setara dengan Rp1,334 triliun.

Bagaimana Cara Kerja Cryptocurrency ?bitcoin adalah salah satu jenis cryptocurrency

Satoshi Nakamoto berhasil menemukan sebuah sistem revolusioner yaitu sebuah sistem yang memiliki fungsi untuk memudahkan transaksi dengan mata uang digital terdesentralisasi.

Sistem uang terdesentralisasi adalah sebuah jaringan yang mampu menghubungkan para penggunanya tanpa perantara atau pihak ketiga seperti perbankan.

Hanya dengan menggunakan sebuah perangkat berbasis android atau laptop yang terhubung dengan internet. Anda sudah dapat mengirim dan menerima uang dari manapun dan kemana pun di seluruh dunia.

Menariknya lagi, hal tersebut dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja, tidak harus bergantung pada hari kerja bank, tidak ada downtime dan transaksi dapat dilakukan hanya dalam hitungan menit.

Masalah utama yang sedang kita hadapi pada sebuah sistem tersentralisasi adalah perlunya biaya lebih untuk membayar jasa pihak ketiga sebagai perantara.

Selain itu, peran pihak ketiga yang sekarang dimainkan oleh bank sudah pasti terdiri dari sekumpulan aturan dan regulasi tertentu, sehingga bisa dibilang masih jauh dari kata efisien dan efektif.

Masalah tersebutlah yang dicoba diselesaikan dengan menggunakan sebuah teknologi yang sekarang diperkenalkan dengan nama Blockchain.

Bagaimana Menentukan Harga dari Sebuah Cryptocurrency ?Cryptocurrency

Harga sebuah cryptocurrency sangat bergantung kepada mekanisme pasar cryptocurrency itu sendiri.

Pasar cryptocurrency adalah sebuah pasar yang memiliki tingkat perubahan dan fluktuasi harga yang sangat cepat berubah dan juga ekstrem. Bahkan hanya dalam hitungan jam saja sebuah cryptocurrency dapat mengalami kenaikan harga sampai dengan 1000%.

Harga setiap mata uang virtual tersebut sama seperti produk-produk pada umumnya, yaitu tergantung kepada permintaan dan penawaran.

Jika ada banyak orang yang melakukan permintaan terhadap suatu mata uang tertentu sedangkan tingkat ketersediaanya tidak begitu banyak. Maka nilainya pasti akan meningkat.

Seperti halnya Bitcoin, jumlah total keseluruhan Bitcoin yang disediakan oleh sistemnya adalah 21 juta keping.

Oleh karena itu, supply dari Bitcoin akan menurun dari waktu ke waktu dan akan menyentuh puncak supplynya pada tahun 2140.

Hal ini juga yang menjelaskan kenapa sih nilai mata uang Bitcoin selalu lebih tinggi jika dibandingkan mata uang virtual lainnya.

Nah itu tadi informasi tentang cryptocurrency yang harus kalian ketahui.

Memang perkembangan teknologi menyebabkan sedikit pergeseran pada proses transaksi dimana saat ini dapat menggunakan mata uang cryptocurrency.