Cara Backup WhatsApp dan Restore Datanya Dengan Mudah

1
62

Cara Backup WhatsApp – Hampir semua orang Indonesia sudah mengetahui aplikasi populer satu ini. Whatsapp merupakan salah satu media sosial yang banyak digunakan pada saat ini.

Whatsapp atau yang biasa dipanggil WA adalah aplikasi pesan yang terdapat pada ponsel dan dapat melakukan pengiriman pesan dengan mudah di perangkat mobile.

Untuk menggunakan aplikasi ini, pengguna atau user harus memiliki koneksi internet, karena untuk berkomunikasi ke orang lain, whatsapp harus memiliki koneksi internet agar pengguna tersebut dapat terhubung ke pengguna lainnya.

Whatsapp ini memiliki banyak fitur-fitur yang canggih, mulai dari fitur status, fitur video call, dan fitur lainnya. Dan juga terdapat fitur yang menarik yaitu fitur backup dan restore.

Fitur ini berfungsi agar ketika pengguna melakukan backup pesan pada aplikasi whatsapp, maka pengguna tersebut tidak perlu khawatir jika suatu waktu data whatsapp nya terhapus dengan sengaja atau tidak sengaja karena sudah di backup dengan whatsapp.

Data pesan tersebut akan di backup ke google drive dengan menggunakan akun gmail yang kalian miliki. Pada artikel kali ini saya akan membahas bagaimana cara backup whatsapp dan restore datanya dengan mudah.

Cara Backup WhatsApp

Backup whatsapp ini sangatlah mudah untuk dilakukan, namun dari kalian ada yang kurang mengerti bagaimana cara backupnya. Yuk simak cara backup whatsapp di artikel ini.

a. Pertama-tama buka whatsapp kalian, lalu pilih tombol titik tiga yang terdapat pada bagian atas kanan whatsapp, jika bingung silahkan lihat gambar dibawah yang sebelah kiri.

b. Lalu pilih setelan.

Cara Backup WhatsApp Dengan Mudah #1

c. Setelah itu akan muncul tampilan seperti gambar dibawah yang sebelah kiri. Lalu kalian pilih menu chat.

d. Lalu akan muncul tampilan seperti gambar dibawah yang sebelah kanan. Setelah itu pilih cadangan chat.

Cara Backup WhatsApp Dengan Mudah #2

e. Setelah kalian mengklik cadangan chat, nanti akan muncul tampilan seperti dibawah ini. Lalu kalian pilih akun google kalian yang akan digunakan untuk membackup. Karena backup ini harus memerlukan google drive yang terdapat pada akun google kalian.

f. Setelah kalian pilih akun google kalian, selanjutnya kalian klik cadangkan.

Cara Backup WhatsApp Dengan Mudah #3

g. Setelah itu proses backup akan segera dimulai. Tunggu hingga prosesnya selesai. Biasanya jika kalian sering menggunakan whatsapp untuk mengirim pesan ke teman kalian, maka file data nya akan semakin membesar.

Cara Backup WhatsApp Dengan Mudah #4

Mudah bukan caranya ?. Data tersebut akan disimpan di google drive dan tidak akan masuk ke penyimpanan hp kalian. Jadi jangan khawatir jika penyimpanan hp kalian tinggal sedikit atau tidak muat.

Baca Juga : Cara Merubah Tulisan Whatsapp

Cara Restore Data WhatsApp

Restore data whatsapp juga sangatlah mudah dilakukan. Namun whatsapp bisa di restore ketika data di whatsapp pengguna dihapus seluruhnya atau ketika si pengguna tersebut menginstall ulang whatsapp tersebut.

Atau ketika si pengguna tersebut mengganti perangkat dan menginstall whatsapp baru di perangkat tersebut. Nah pengguna tersebut tidak perlu khawatir jika pesan yang terdapat di perangkat lamanya akan hilang karena sudah di backup dan bisa di restore.

Cara merestorenya sendiri sangatlah mudah. Ketika pengguna menginstall whatsapp, lalu pengguna tersebut memasukkan nomor telpon nya yang terdapat akun whatsapp lamanya. Nanti secara otomatis aplikasinya akan mencari file backupnya di akun google drive dan pengguna tersebut bisa memilih untuk memulihkan datanya atau tidak.

Nah itulah tadi cara backup whatsapp dan restore datanya dengan mudah. Sekian artikel saya kali ini tentang cara backup whatsapp. Share artikel ini supaya dapat bermanfaat bagi orang lain. Saya harap artikel ini dapat bermanfaat bagi kalian semua.