30 November 2020
Melihat Sisa Ruang Penyimpanan

Cara Melihat Sisa Ruang Penyimpanan Di Android

Cara Melihat Sisa Ruang Penyimpanan Di Android –¬†Tidak dapat dipungkiri ruang penyimpanan ponsel yang kian menipis tentunya akan sangat membuat kita jengkel bukan sobat ? misalnya, ketika kalian ingin menyimpan sebuah file video ataupun dokumen berukuran cukup besar, tentunya ketika ruang penyimpanan ponsel kalian menipis hal ini sangat menggangu sekali karena kalian tidak dapat menyimpan apa – apa.

Bahkan terkadang bukan hanya tidak dapat menyimpan file namun sebuah aplikasi dapat tersendat performanya ketika dijalankan karena tidak memiliki cukup ruang untuk bekerja. Jika kita hanya menggunakan bantuan file manager bawaan ponsel tentunya kita akan mengalami sedikit kesulitan dalam mempetakan file besar apa saja yang sebenernya memakan ruang penyimpanan kita.

Baca Juga :

Oleh karena itu kali ini Teknosquare akan membagikan cara melihat sisa ruang penyimpanan di Android dengan menggunakan Mi File Manager sekaligus cara membersihkannya agar ruang penyimpanan lebih lega lagi.

Cara Melihat Sisa Ruang Penyimpanan Di Android

Melihat Sisa Ruang Penyimpanan

Teknosquare sangat merekomendasikan aplikasi file manager yang satu ini sob. Mi File Manager juga dilengkapi dengan cleaner bawaan sobat sehingga selain sebagai file manager biasa, aplikasi ini juga dapat membersihkan berbagai macam sampah cache yang memakan ruang penyimpanan di ponsel kalian sob. Langsung saja kita mulai pembahasannya

1. Pertama silahkan kamu download terlebih dahulu Mi File Manager dari Google Play Store sobat.

Download

2. Setelah proses download dan instalasi selesai, silahkan kalian buka aplikasi tersebut.

3. Pada tampilan awal setelah aplikasi terbuka, kalian akan menemukan berbagai pengelompokan tipe file seperti contohnya APK, Gambar, Video, dll. Disini kalian pilih icon sapu dibagian atas agak ke kiri.

Pilih menu pembersih

3. Nah, disini akan muncul petunjuk sisa ruang penyimpanan ponsel beserta total kapasitas penyimpanan ponsel tersebut sob. Apabila kamu ingin membersihkan cache dan data tidak terpakai secara otomatis silahkan klik Bersihkan.

Pilih opsi bersihkan

4. Setelah kalian klik opsi Bersihkan, selanjutnya Pembersih akan mulai berjalan dengan memperkirakan dan menghitung seberapa besar ukuran sampah di ponsel kalian sob. Jika kalian sudah mengetahui sampah apa saja yang akan dihapus selanjutnya silahkan klik Bersihkan.

Cleaner akan mulai menghitung ukuran sampah

5. Kalian juga dapat menghapus data – data berukuran besar secara manual sob. Ini memungkinkan kalian memilih sendiri data apa yang sekiranya membebani ruang penyimpanan ponsel kalian.

Cek data besar lainnya yang tidak berguna

Akhir Kata

Nah, setelah kalian membersihkan berbagai macam sampah dan cache di ponsel kalian, pasti ruang penyimpanan ponsel kamu akan terasa lebih lega dibandingkan sebelumnya. Semoga tutorial singkat diatas dapat membantu kalian ya sob. Pantau terus Teknosquare.com untuk mendapatkan lebih banyak informasi seputar teknologi ya sobat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *