22 September 2020
Google Form

Cara Membuat Google Form Dengan Mudah

Cara Membuat Google Form Dengan Mudah – Dulu ketika kita ingin melakukan survey responden ataupun mengumpulkan data tentunya kita perlu bantuan formulis pengisian bukan. Pun dari dulu sampai saat ini kita masih sering menggunakan formulis berbentuk kertas sob.

Tetapi menggunakan formulir konvensional kadang menimbulkan masalah baru sobat seperti kertas formulir yang dapat hilang ataupun rusak, atas dasar itu lahirlah yang namanya formulir elektronik sobat.

Google Form sangat tepat sekali digunakan sebagai formulir elektronik yang mudah digunakan dan efisien sekali sob. Google Form ini tidak hanya digunakan sebagai media formulir elektronik sobat melainkan dapar diskronisasi dengan produk Google lainnya seperti Docs, Slide, dan Spreadsheet untuk mengolah data yang didapatkan dari formulir. Google Form ini juga gratis loh dan tidak ada batasan penggunaan sob.

Baca Juga :

Cara Membuat Google Form Dengan Mudah

Google Form

Apabila kalian saat ini masih menggunakan formulir kertas kami sarankan untuk segera beraliha ke Google Form sob, kenapa beralih ? karena jika dilihat dari sudut pandang ramah lingkungan, kalian turut melakukan “Go Green” dengan mengurangi penggunaan kertas formulir. Lalu lebih efisien dalam mengolah data yang tentunya lebih cepat.

Google Form ini sangat kami rekomendasikan bagi kalian yang ingin mengumpulkan data dengan cepat tanpa ribet. Nah, bagi yang belum tahu cara membuat Form di Google Form, silahkan simak tutorialnya dibawah ini sobat.

1. Pembuatan Google Form

  1. Pertama silahkan kalian akses URL berikut ini untuk mulai membuat Form : https://docs.google.com/forms/u/0/
  2. Nah, setelah kalian mengakses link tersebut, akan muncul tampilan seperti dibawah ini. Langkah berikutnya silahkan klik tombol ‘ + ‘ untuk membuat form baru. Kalian juga dapat menggunakan berbagai template yang sudah disediakan dari opsi “Galeri Template”.

Tampilan awal Google Form

2. Mengisi Judul Dan Deskripsi Google Form

  1. Silahkan isi terlebih dahulu judul dari formulir yang akan kamu buat. Nah, dibawah judul juga ada kolom deskripsi. Kolom deskripsi juga harus kalian isi untuk memperjelas maksud dari pembuatan formulir ini sobat.

Isi Judul Dan Deskripsi Google Form

3. Membuat Pertanyaan Beserta Jawaban

  • Sekarang kita masuk ke bagian pertanyaan. Dibagian ini silahkan isi dengan pertanyaan yang ingin kalian ajukan dan juga masukan opsi jawabannya sobat. Jika kalian ingin menambahkan lebih dari 1 jawaban bisa dengan memilih “Tambahkan Opsi”.

Isi pertanyaan dan opsi jawaban Google Form

  • Apabila kalian ingin memasukan gambar kedalam formulirmu, kalian bisa menambahkan gambar yang relevan dengan pertanyaan yang kalian ajukan.

Menambahkan gambar yang relevan di Google Form

  • Lalu kalian akan melihat opsi “Wajin Diisi”, arti opsi ini apabila ada responden yang tidak mengisi pertanyaan yang bersifat wajib maka dia tidak akan bisa melakukan submit formulir.

Opsi wajib diisi Google Form

  • Nah, pilihan jawaban tidak selalu berbentuk pilihan ganda. Jika kalian ingin responden menjawab dalam bentuk teks atau yang lain, kalian bisa menggunakan pilihan opsi dibawah ini.

Opsi pilihan jawaban Google Form

  • Jika kalian ingin mengajukan banyak pertanyaan dalam formulir, kalian bisa pilih icon “salin” untuk menduplikasi kotak pertanyaan.

opsi salin Google Form

  • Di interface Google Form juga terdapat icon mata yang dapat kalian lihat. Icon ini berfungsi sebagai pratinjau formulir sebelum kalian sebarkan ke responden.

Opsi pratinjau formulir Google Form

Baca Juga :

4. Mengirimkan Form Ke Responden

Ketika seluruh struktur formulir yang kalian kehendaki telah selesai dibuat, berarti kalian tinggal mengirimnya ke setiap responden. Lalu gimana sih cara ngirimnya ?

  • Silahkan klik opsi “Kirim”.

opsi kirim formulir Google Form

  • Setelah itu kalian akan menemukan beberapa metode pengiriman formulirnya sob. Ada yang menggunakan email, link atau tautan, kode HTML dan medsos seperti Facebook dan Twitter.

Pengaturan sebelum mengirim formulir Google Form

Cara Melihat Tanggapan Di Google Form Yang Masuk

Tentunya setelah kita mengirim formulir tersebut ke setiap responden pasti kita ingin mengetahui tanggapan dari mereka bukan. Nah, jika kalian ingin mengetahui tanggapan dari responden ini caranya cukup mudah sob. Silahkan klik tab “Tanggapan” maka akan muncul seluruh tanggapan yang didapat dari para responden.

Tanggapan dari responden Google Form

Google Form akan secara otomatis mensortir data ke dalam beberapa kategori seperti ringkasan, pertanyaan, dan individual. Kalian juga dapat menggunakan spreadsheet untuk mengelola data tanggapan dengan lebih baik lagi sob.

Kesimpulan

Formulir merupakan salah satu media yang tepat untuk mengumpulkan informasi dari responden. Nah, saat ini metode pengumpulan data tersebut menjadi lebih mudah dengan adanya Google Form sobat. Data yang terdapat di Google Form dapat disinkronisasi dengan Spreadsheet, Docs, dan Slide. Google Form sangat kami rekomendasikan bagi kalian yang ingin mengumpulkan informasi dengan cepat dan efisien.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *