13 Agustus 2020
cara membuat koneksi PHP ke MySQL

Cara Membuat Koneksi PHP Ke MySQL

Cara Membuat Koneksi PHP Ke MySql Tutorial kali ini agak berbeda dari biasanya karena kita akan belajar cara membuat koneksi PHP ke mysql untuk menghubungkan php ke database mysql. Tutorial kali ini akan sangat bermanfaat jika kalian ingin memulai belajar untuk membuat sebuah website sederhana yang memerlukan database sobat.

PHP adalah salah satu bahasa pemrograman server-side paling populer yang lazim digunakan para developer untuk membuat sebuah website dikarenakan kemampuannya yang sangat cepat dan fleksibel dan seringkali digunakan oleh berbagai macam situs besar didunia.

Baca Juga : 5 Text editor terbaik untuk programmer yang wajib dicoba

PHP merupakan kependekan dari “PHP: Hypertext Preprocessor yang merupakan bahasa pemrograman server side yang dapat digunakan untuk pembuatan dan pengembangan sebuah website. Database sendiri merupakan sekumpulan data yang tersimpan secara terorganisir yang dapat diolah dan dirubah untuk menghasilkan sebuah informasi.

Cara Membuat Koneksi PHP Ke MySql

cara membuat koneksi PHP ke MySQL

Sebelum melangkah ke pembuatan kodingan untuk membuat koneksi, kita akan membuat sebuah database terlebih dahulu hanya untuk percobaan sob. Karena, tanpa adanya database tak ada gunanya kita membuat sebuah koneksi dari PHP sob hehe.

Pertama kita akan membuat sebuah database dengan nama ‘teknosquare’, lalu kita buat table ‘test’ yang berisikan column dengan nama id, nama, dan alamat. Kalian juga dapat meng import database yang kami sebutkan di awal tadi. Berikut ini kami sertakan file sql database percobaan untuk kalian import ke database teknosquare tadi sob.

Menghubungkan PHP Ke MySql

Nah, setelah kalian selesai membuat database seperti diatas, langkah selanjutnya kita akan mulai membuat koneksi PHP ke MySql. Untuk penamaan file koneksinya sendiri bebas sobat disini saya menamainya koneksi.php, kemudian simpan file tersebut di folder localhost kalian.

Fungsi penting yang digunakan disini adalah mysqli_connect(). Nah, fungsi tersebut merupakan fungsi built in atau bawaan dari PHP sob, kalian dapat membaca penjelasannya disini. Kenapa disini kok malah MySQLi dan bukan MySQL ?? jadi, MYSQLi merupakan versi terbaru atau update dari MYSQL sob.

Di awal baris kode terdapat beberapa deklarasi variabel beserta nilainya. Normalnya terdapat 4 variabel supaya dapat terhubung ke database, yaitu: $servername, $database, $username, dan $password. Pada fungsi mysqli_connect() kalian bisa melihat 4 variabel tersebut digunakan.


Fungsi mysqli_connect() akan mencoba menghubungkan website ke database sesuai dengan value yang kita isi pada variabel. Jika terjadi kegagalan koneksi, akan muncul pesan dibawah ini.

Fungsi die() akan dijalankan dibagian ini, yang mana bertugas untuk menghentikan script dan menampilkan pesan yang sudah diatur sebelumnya.

Jika koneksi berhasil terhubung, maka baris kode berikutnya akan dijalankan.

Baris kode ini akan menampilkan pesan sukses apabila PHP dan MySQL sudah dapat terhubung.

Lalu pada bagian akhir terdapat baris kode berikut.

Selanjutnya silahkan jalankan file koneksi.php, apabila koneksi sukses dijalankan maka akan muncul pesan ‘Koneksi Berhasil’.sukses membuat koneksi PHP ke MySQL

Namun, apabila masih gagal dan terdapat kesalahan pada file koneksi.php baik itu pengisian username atau password ataupun databasenya salah maka akan ditampilkan pesan error. gagal membuat koneksi PHP ke MySQL

Nah, sekian tutorial singkat cara membuat koneksi PHP ke MySQL. Untuk tutorial berikutnya kalian dapat melihat cara membuat CRUD menggunakan PHP. Semoga tutorial singkat tadi bermanfaat untuk kalian ya, stay tune terus di teknosquare.com untuk mendapatkan lebih banyak informasi seputar teknologi.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *