Cara Mudah Upgrade PC Tanpa Khawatir Terjadi Bottleneck

0
52

Untuk anda yang masih bingung komponen apa saja yang akan upgrade tanpa mengalami bottleneck , jangan khawatir di artikel ini saya akan membahas bagaimana cara mengupgrade PC anda dengan aman untuk menghindari bottleneck. Sebelumnya saya akan jelaskan terlebih dahulu apa itu bottleneck.

Bottleneck adalah Kasus dimana komponen hardware tidak berjalan dengan maksimal dikarenakan ada suatu komponen yang menghambat kinerja hardware tersebut sehingga menyebabkan ketidakseimbangan performa, contohnya ada user PC yang menggunakan GPU Nvidia Geforce GTX 1080Ti dan memasangkannya dengan processor Intel Pentium G4560.

Pada intinya Bottleneck terjadi karena ada suatu komponen yang bekerja dengan cepat tetapi terhambat kinerjanya oleh komponen lain yang spesifikasi nya masih lebih lambat dari komponen yang mempunyai kecepatan yang tinggi tersebut.

Bagaimana Cara Menghindari Bottleneck ?

Untuk menghindari bottleneck anda dapat mengunjungi situs https://pc-builds.com/calculator, situs tersebut membantu anda untuk menghindari peristiwa bottleneck dengan mengalkulasikan performa komponen hardware yang ingin anda upgrade pada komputer anda.

Caranya sangat mudah, anda hanya diminta untuk memasukan tipe CPU ,GPU ,Ram dan Storage yang sesuai dengan keinginan/kondisi PC anda saat akan diupgrade.

Apa Saja Komponen Yang Diupgrade Terlebih Dahulu

Berikut ini kami berikan list urutan komponen hardware PC yang sebaiknya anda upgrade terlebih dahulu, kita mulai dari yang pertama

1. Power Supply

Power Supply Komputer
Power Supply Komputer

Power Supply merupakan jantung dari komputer tersebut , power supply lah yang menyalurkan arus listrik ke berbagai komponen hardware.

Kenapa harus power supply ? misal kita ingin mengupgrade VGA Card atau komponen lainnya yang menggunakan asupan listrik yang sangat besar, sudah jelas power supply standart atau dibawahnya tidak sanggup menyalurkan energi listrik yang dibutuhkan oleh komponen tersebut. Apabila arus yang dihasilkan oleh power supply tersebut tidak stabil maka lambat laun akan merusak komponen hardware lainnya.

Baca Juga : Google Stadia, Cloud Gaming Masa Depan Buatan Google

2. HDD to SSD

Penggunaan SSD dapat mempercepat kinerja komputer
Penggunaan SSD dapat mempercepat kinerja komputer

Komponen HDD biasanya menjadi faktor utama bottleneck. Sebelum anda mengganti processor, ram , atau graphic card. Pastikan setidaknya komputer anda sudah menggunakan SSD, meskipun kita sudah menggunakan SSD akan tetapi kita tetap dapat menggunakan HDD lama kita yang bisa digunakan untuk storage penyimpanan seperti foto video serta data data yang akan kita perlukan dalam jangka panjang.

Kenapa Harus SSD ? HDD hanya menawarkan kecepatan baca tulis maksimal di kisaran 150 MB/s, sementara SSD menawarkan kecepatan baca tulis yang jauh di atas itu, yang memungkinkan prosesor dan RAM bisa menunjukkan kemampuan mereka yang sesungguhnya.

Baca Juga : 3 Cara Mudah Mempercepat Koneksi Wifi Pada Komputer

3. Processor

Perhatikan prosesor yang akan kita gunakan
Perhatikan prosesor yang akan kita gunakan

Processor adalah “otak” dari komputer. Processor bekerja sebagai pengendali dan menjalankan proses kerja komputer, jadi semakin bagus processor maka semakin cepat pula kinerja komputer dalam melakukan suatu proses komputasi. Pada umumnya processor bekerja untuk memproses data yang diterima dari masukkan atau input kemudian akan menghasilkan pengeluaran atau output.

Baca Juga : Website Penyedia Konten Grafis Terbaik Secara Gratis dan Kualitas HD

4. RAM

RAM dibutuhkan sebagai media penyimpanan data sementara
RAM dibutuhkan sebagai media penyimpanan data sementara

RAM adalah Suatu perangkat yang bekerja untuk menyimpan dan mengakses data sementara, tidak seperti HDD yang bekerja lamban. Kemampuan RAM untuk mengakses data secara acak membuatnya lebih cepat menampilkan data. Jenis Jenis ram berbeda – beda Mulai dari DDR , DDR2, DDR3, DDR4. DDR3 adalah yang paling populer saat ini dikarenakan harga yang relatif murah, tetapi untuk sektor peforma masih lebih unggul DDR4 yang dikeluarkan pada tahun 2014.

Baca Juga : 5 Smartphone Dengan Kamera Belakang Terbaik Saat Ini

5. Graphic Card

Sesuaikan graphic card dengan kebutuhan anda
Sesuaikan graphic card dengan kebutuhan anda

Sesuai dengan namanya graphic card terkait dengan kemampuan tampilan grafis dari suatu komputer. Secara garis besar graphic card berfungsi untuk mengolah data grafis yang ditampilkan pada layar komputer, sehingga semakin baik kualitas graphic card tersebut maka semakin baik pula kualitas grafis yang dapat ditampilkan.

Penggunaan graphic card dapat disesuaikan dengan keperluan dan penggunaan komputer tersebut. Biasanya untuk keperluan hiburan game maupun untuk proses design gambar maupun video, maka akan membutuhkan graphic card dengan performa yang lebih tinggi.

Baca Juga : Cara Mengatasi Driver LAN Hilang Pada Windows 7

Kesimpulan

Bottleneck disebabkan karena adanya komponen yang menghambat performa komponen lain sehingga terjadi penurunan kinerja komputer, upgrade PC kita sesuai kebutuhan masing – masing. Dan kalau bisa gunakan SSD pada penyimpanan PC kalian supaya kinerja komputer semakin bagus dan cepat.