Google Stadia, Cloud Gaming Masa Depan Buatan Google

0
38

Google Stadia – Siapa sih yang tidak kenal dengan Google ?. Google adalah salah satu perusahaan terbesar didunia saat ini dalam bidang teknologi. Google selalu menciptakan sebuah inovasi-inovasi terbaru dalam produknya.

Pada acara Game Developer Conference 2019 di Amerika Serikat, Google menampilkan sebuah inovasi dalam dunia gaming. Yaitu menampilkan layanan cloud gaming yang bernama Google Stadia.

Perusahaan terbesar didunia ini memperkenalkan inovasi suatu layanan cloud gaming agar bisa menjadi pioner dalam dunia gaming di masa depan.

Apa Itu Google Stadia ?

Apa Itu Google Stadia ?
Sumber Gambar : Trusted Reviews

Google Stadia merupakan sebuah layanan game berbasis cloud yang dapat dimainkan secara online dan tidak harus memerlukan sebuah konsole game. Jadi, google stadia itu layanan cloud gaming, bukan sebuah konsole game. Dan para pengguna dapat memainkan game yang ada didalam layanan cloud gaming ini di berbagai perangkat seperti smartphone, pc, tablet dan lainnya asalnya terhubung dengan layanan cloud gaming ini.

Kehebatan Google Stadia

Google Stadia memiliki kehebatan yang luar biasa, berikut adalah kehebatannya.

#Menggunakan Komputer Berspesifikasi Besar

Google Stadia merupakan layanan streaming yang cara kerjanya hampir mirip dengan Spotify atau Netflix. Perbedaannya hanya saja bukan menyediakan musik, namun menyediakan game untuk dimainkan secara online.

Game yang ada pada layanan cloud gaming ini tidak dijalankan pada perangkat pengguna, namun dijalankan di datacenter Google dengan komputer yang memiliki spesifikasi yang besar.

Komputer tersebut menggunakan GPU AMD yang memiliki kemampuan untuk memproses grafis sebesar 10,7 teraflops. Angka ini jauh lebih besar dibandingkan dengan perusahaan konsole game seperti Xbox One X (6 teraflops) dan PS4 Pro (4,2 teraflops).

Untuk memorinya sendiri, komputer tersebut menggunakan RAM sebesar 16 GB dan dapat menstransfer data sampai 484 GB per detik. Dan dibekali dengan L2+L3 cache dengan ukuran 9.5 MB.

#Mempunyai Kontroller Sendiri

Kontroller Google Stadia
Sumber Gambar : TechRadar

Untuk meningkatkan keseruan ketika bermain game dengan Google Stadia ini, perusahaan besar satu ini membuat kontroller sendiri yang dikhususkan untuk layanan cloud gaming ini.

Kontroller tersebut dapat terhubung dengan layanan cloud gaming ini melalui Wifi. Jika kita lihat sejenak, kontroller tersebut sama dengan kontroller – kontroller biasa pada umumnya.

Tetapi, kontroller khusus ini dapat tersambung langsung ke server pusat data stadia, sehingga para pengguna tidak perlu menkonfigurasi terlebih dahulu. Jadi para pengguna dapat langsung memainkan game yang ada pada server stadia.

Kekurangan Google Stadia

Mungkin pada saat ini layanan cloud gaming ini belum 100% sempurna. Namun pastinya nanti dimasa depan, akan disempurnakan 100%. Berikut adalah kekurangan-kekurangan yang ada pada layanan ini.

#Membutuhkan Koneksi Internet Yang Cepat

Mungkin dibeberapa negara maju didunia koneksi internet sudah sangat cepat, namun berbeda dengan negara berkembang seperti di Indonesia. Kecepatan internet yang dibutuhkan google stadia ini sangatlah cepat.

VP Google Phill Harrison mengatakan bahwa kecepatan internet yang dibutuhkan untuk menggunakan layanan ini adalah 25 Mbps untuk resolusi sebesar 1080p. Sedangkan untuk resolusi 4K, pengguna harus memiliki koneksi sebesar 30 Mbps.

Kecepatan internet itu sangatlah mungkin ada di negara maju seperti Jepang dan Amerika Serikat. Namun untuk negara berkembang seperti Indonesia, kecepatan itu cukup sulit untuk didapatkan.

Tidak hanya kecepatan internet yang besar, namun kestabilan internet pun mempengaruhi. Jadi, untuk menggunakan layanan cloud gaming ini, pengguna harus memiliki koneksi internet yang cepat dan stabil. Karena jika koneksi tidak stabil, maka akan terjadinya buffering atau lag ketika sedang bermain.

Baca Juga : Apa Itu Jaringan 5G ?

#Game Yang Tersedia Baru Sedikit

Pada saat ini, belum dipastikan game apa saja yang akan ada pada layanan ini. Di acara GDC 2019 kemarin, Google hanya menampilkan beberapa game seperti Assasin’s Creed Odyssey dan Doom Eternal yang dapat dijalankan dengan layanan ini.

Namun pastinya nanti di masa depan bakal ada banyak game yang ada pada layanan ini.

Nah itulah tadi artikel singkat tentang Google Stadia. Ohiya untuk harga masih belum diketahui. Namun jika harga sudah diketahui apakah kalian ingin menggunakan layanan ini ?. Tapi percuma juga si kalau sudah menggunakan layanan ini namun tidak bisa dipakai karena kendala koneksi internet hahaha.

Mungkin untuk warga Indonesia harus menunggu sampai koneksi Internet Indonesia cepat seperti negara-negara maju lainnya. Sekian artikel kali ini tentang Google Stadia. Saya harap artikel ini dapat bermanfaat bagi kalian semua.

Sumber : TechRadar