Pengertian Jaringan Komputer Beserta Manfaat dan Jenisnya

0
95

Jaringan Komputer РMungkin kata jaringan komputer ini agak asing didengar oleh kebanyakan orang. Tetapi untuk orang-orang yang berada didalam dunia IT pasti sudah tidak asing lagi dengan kata ini.

Pada kali ini admin teknosquare akan membahas mengenai jaringan komputer. Admin akan membahas mulai dari pengertian, manfaatnya, dan jenis-jenisnya.

Pengertian Jaringan Komputer

Jaringan komputer merupakan rangkaian perangkat komputer yang terdapat 2 atau lebih perangkat yang saling berhubungan dan berfungsi untuk berkomunikasi dengan menukar data antar komputer. Jaringan komputer ini dapat memungkinkan pengguna agar bisa berkomunikasi dengan orang lain dengan mudah.

Perangkat komputer tersebut saling terhubung dengan suatu media transmisi sehingga perangkat-perangkat tersebut dapat saling menukar data satu sama lain. Tujuan dibuatnya jaringan komputer yaitu agar data yang dikirim oleh pengirim bisa sampai kepada si penerima dengan benar.

Manfaat Jaringan Komputer

Berikut adalah manfaat yang luar bisa dari jaringan komputer.

  • Dapat dengan mudah untuk mengakses data dan membagikan data dengan menggunakan jaringan komputer.
  • Dapat melakukan pengiriman data dengan cepat.
  • Dapat dengan mudah berhubungan atau berkomunikasi dengan orang lain dengan jarak yang jauh.
  • Dapat dengan mudah untuk mengakses suatu informasi atau berita yang terdapat di Internet, internet merupakan salah satu dari jaringan komputer dan merupakan jaringan komputer terbesar didunia.
  • Dapat memudahkan pekerjaan di kantor.

Jenis Jaringan Komputer

Berikut adalah beberapa jenis jaringan yang harus diketahui.

Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Area

#1. PAN (Personal Area Network)

Jaringan PAN

Jenis yang pertama adalah PAN atau Personal Area Network. PAN merupakan jaringan yang hanya menjangkau area pribadi. Seperti jaringan antara HP yang terhubung ke PC dengan kabel USB. Atau HP yang terhubung dengan HP yang lain dengan menggunakan bluetooth.

#2. LAN (Local Area Network)

Jaringan LAN

Jenis yang kedua yaitu LAN atau kepanjangan dari Local Area Network. LAN adalah jaringan yang memiliki cakupan wilayah yang kecil. Contohnya seperti warnet, kantor, dan sekolah.

Jaringan LAN ini biasanya tidak sampai dari 1km persegi. Jaringan LAN memakai teknologi IEEE 802.3 yang memiliki kecepatan transfer sebesar 10, 100 bahkan sampai 1000 MB/s.

Banyak juga yang menggunakan jaringan LAN dengan menggunakan nirkabel atau tanpa kabel seperti Wi-Fi.

#3. MAN (Metropolitan Area Network)

Jaringan MAN

Lalu yang ketiga yaitu MAN. MAN adalah salah satu jenis jaringan yang memiliki cakupan lebih besar daripada LAN. Cakupannya yaitu satu kota dan mempunyai kecepatan transfer yang lebih cepat daripada LAN.

MAN ini merupakan gabungan dari beberapa jaringan LAN yang terdapat di suatu kota. Jangkauan area MAN ini sekitar 10 sampai 50 km.

#4. WAN (Wide Area Network)

Jaringan WAN

Jenis keempat yaitu WAN atau Wide Area Network. WAN adalah salah satu jenis jaringan yang mempunyai cakupan yang lebih besar dari MAN. Cakupannya bisa sebuah negara bahkan sampai sebuah benua.

WAN biasanya dipakai untuk menghubungkan banyaknya jaringan lokal sehingga pengguna yang berbeda tempat dapat berkomunikasi satu sama lain walaupun mempunyai jarak yang jauh dari tempat tersebut.

Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Fungsinya

#1. Jaringan Client-Server

Jaringan Client Server

Jaringan client-server merupakan jaringan yang mempunyai beberapa perangkat komputer dan salah satu komputer tersebut akan menjadi server dan sisanya menjadi client.

Komputer server berfungsi untuk menjadi sumber daya data sedangkan komputer client tersebut hanya menggunakan sumber daya data atau servernya tersebut.

#2. Jaringan Peer to Peer

Jaringan Peer to Peer

Jaringan peer to peer merupakan jaringan yang menghubungkan dua atau lebih perangkat. Perangkat tersebut saling berhubungan dan juga memiliki posisi yang sama.

Pada jenis jaringan ini, setiap perangkat yang terhubung bisa berkomunikasi secara langsung dengan perangkat lainnya tanpa adanya suatu halangan. Jaringan ini menggunakan perantara kabel yang memiliki biaya yang terjangkau.

Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Topologi

#1. Jenis Topologi Star

Topologi Star

Jenis yang pertama adalah Topologi Star. Topologi Star merupakan jenis jaringan yang topologinya mirip dengan bintang. Kenapa mirip dengan bintang ?, Karena topologi ini mempunyai penghubung inti di tengah-tengah PC.

Jenis topologi ini mempunyai kelebihan yaitu jika ada satu kabel yang putus, maka jaringan tersebut akan tetap berjalan. Dan kekurangannya yaitu jika pusat penghubungnya rusak, maka jaringannya akan berpengaruh dan mengalami kerusakan semua.

Biasanya penghubung pusatnya atau penghubung intinya yaitu hub atau switch. Nah, jika hub yang digunakan pada topologi ini rusak maka akan mengalami kerusakan total.

#2. Jenis Topologi Bus

Topologi Bus

Jenis yang kedua yaitu Topologi Bus. Topologi bus adalah jenis topologi yang paling sederhana dibandingkan dengan yang lain.

Kelebihan dari topologi ini yaitu tidak banyak memerlukan sumber daya pada kabel dan tergolong sederhana. Namun topologi ini memiliki kekurangan, yaitu jika ada salah satu kabel yang rusak atau terputus, maka semua jaringannya akan berpengaruh atau akan terputus semua.

#3. Jenis Topologi Ring

Topologi Ring

Lalu yang ketiga yaitu Topologi Ring. Topologi ring merupakan jenis jaringan yang berbentuk seperti cincin. Jadi jaringan ini menghubungkan beberapa komputer dan berbentuk lingkaran seperti cincin.

Kelebihan dari topologi ini adalah biaya untuk memasang terjangkau, mudah di implementasikan, dan transfer data menjadi lebih cepat. Kekurangan dari topologi ini adalah jika ada salah satu kabel yang terputus atau rusak, maka jaringan tersebut akan berpengaruh besar.

#4. Jenis Topologi Mesh

Topologi Mesh

Lalu yang keempat yaitu Topologi Mesh. Topologi Mesh merupakan gabungan dari Topologi Star dan Topologi Ring. Topologi ini memiliki keunggulan yang luar biasa yaitu jika terjadi salah satu kabel putus, maka tidak akan berpengaruh besar di jaringan tersebut.

Namun topologi ini memiliki kekurangan, yaitu membutuhkan biaya yang cukup banyak untuk memasang topologi ini. Karena jaringan ini cukup rumit dan membutuhkan banyak kabel.

#5. Jenis Topologi Tree

Topologi TreeJenis yang terakhir yaitu Topologi Tree. Topologi Tree ini adalah topologi yang dapat menghubungkan beberapa topologi star yang terhubung dengan jaringan topologi bus.

Biasanya di topologi ini terdapat beberapa jaringan yang memiliki tingkat yang tinggi sampai tingkat yang rendah. Topologi ini memiliki keunggulan yaitu mudah untuk dikembangkan.

Namun kekurangannya jika terdapat masalah pada jaringan yang berada di tingkat tertinggi, maka akan berpengaruh besar pada jaringan yang dibawahnya dan dapat menyebabkan suatu masalah.

Jenis Jaringan Berdasarkan Media Transmisi Data

#1. Jaringan Kabel (Wired Network)

Jaringan Kabel

Jenis jaringan berdasarkan media transmisi yang pertama yaitu jaringan kabel. Jaringan kabel ini menghubungkan komputer dengan komputer lain dengan menggunakan kabel.

Kabel ini berfungsi untuk menghubungkan antar perangkat komputer dan mengirim data antar komputer. Biasanya jaringan kabel ini digunakan di kantor-kantor atau di warnet. Dan juga terdapat di Lab komputer sekolah.

#2. Jaringan Nirkabel (Wireless Network)

Jaringan Nirkabel

Lalu yang kedua yaitu jaringan nirkabel. Jaringan ini bisa disebut dengan jaringan tanpa kabel. Pada jaringan ini untuk menghubungkan komputer dengan komputer lainnya menggunakan gelombang elektromagnetik yang dapat mengirimkan sinyal informasi terhadap komputer lainnya.

Jenis ini sering ditemui di cafe atau restoran. Contohnya saja Wi-Fi yang terdapat di cafe atau restoran yang ada di Indonesia. Atau juga di sekolah-sekolah yang sudah terdapat perangkat Wi-Fi.

Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Distribusi Sumber Data

#1. Jaringan Terpusat

Jaringan Terpusat

Jaringan ini merupakan jaringan yang terdapat komputer client dan komputer server yang dimana komputer client ini memiliki fungsi menjadi perantara untuk mengakses sumber data yang terdapat pada komputer server.

#2. Jaringan Terdistributif

Jaringan Terdistributif

Jaringan terdistributif merupakan jaringan gabungan beberapa jaringan terpusat. Jadi jaringan ini memiliki beberapa komputer server yang saling terhubung dengan komputer client dan membentuk jaringan tertentu.

Nah itulah artikel tentang jaringan komputer. Jenis jaringan diatas sering ditemui di tempat umum seperti di cafe, restoran, sekolah dan kantor. Saya harap artikel tentang jaringan komputer ini dapat bermanfaat bagi kalian semua.

Sumber : Wikipedia