Jenis – Jenis Harddisk Yang Ada di Dunia

1
39

Jenis Jenis Harddisk – Pastinya kalian yang membaca artikel ini sudah pernah mendengar apa itu harddisk. Mungkin juga dari kalian sudah tau apa itu harddisk dan fungsinya untuk apa.

Namun bagi kalian yang belum mengetahui apa itu harddisk. Silahkan kalian membaca artikel dibawah ini terlebih dahulu supaya dapat memahami apa itu harddisk.

Baca Juga : Pengertian Harddisk

Pada artikel kali ini admin teknosquare akan membahas tentang jenis-jenis harddisk. Harddisk ini mempunyai banyak jenisnya.

Jenis – Jenis Harddisk

Mungkin dari kalian berfikir kalau semua harddisk itu sama. Ya memang benar semua harddisk itu sama, sama dalam fungsinya yaitu untuk menyimpan data. Namun harddisk juga memiliki jenis-jenisnya dan setiap jenisnya itu terdapat perbedaan yang signifikan.

Jenis Harddisk Berdasarkan Port

Setiap harddisk memiliki port yang berbeda-beda, berikut adalah jenis harddisk berdasarkan port yang digunakan.

1. Harddisk IDE

Jenis Harddisk IDE

Harddisk IDE (Integrated Drive Electronics) adalah harddisk yang memiliki port dengan menggunakan teknologi lama. Harddisk ATA ini digunakan pada zaman komputer pentium digunakan.

Harddisk IDE ini adalah harddisk yang dibuat dengan arsitektur IBM PC. Yang dimana mempunyai pin sebanyak 40 buah untuk jalur transmisi data. Dan mempunyai 4 pin tambahan untuk power supply.

Harddisk IDE ini mempunyai kapasitas yang paling besar 320 GB, namun kapasitas sebesar itu sangat besar di masanya ketika masih menggunakan komputer pentium.

Mungkin harddisk IDE ini sudah tidak digunakan lagi atau sudah tergantikan dengan harddisk yang lebih baru. Tapi untuk laptop atau komputer versi jadul mungkin saja masih menggunakan harddisk jenis ini.

2. Harddisk ATA

Jenis Harddisk ATA

Harddisk ATA (Advanced Technology Attachment) adalah harddisk yang hampir mirip dengan harddisk IDE. Harddisk ATA ini mempunyai kecepatan transfer yang lebih cepat daripada dengan harddisk IDE.

Harddisk ATA ini adalah salah satu harddisk yang banyak digunakan oleh pengguna komputer pentium. Jenis ini dibuat pada tahun 1986 dengan memakai 16 bit paralel. Dan harddisk ini terus berkembang dari tahun ke tahun.

Perbedaan yang signifikan harddisk ATA dengan IDE adalah kecepatan transfer datanya. Harddisk ATA memiliki kecepatan transfer yang lebih cepat daripada harddisk IDE.

Harddisk ATA ini mungkin masih banyak digunakan oleh pengguna komputer pada saat ini.

3. Harddisk SATA

Jenis Harddisk SATA

Harddisk SATA (Serial Advanced Technology Attachment) adalah harddisk yang dibuat dari perkembangan harddisk ATA. Harddisk SATA ini adalah harddisk yang masih digunakan pada saat ini.

Harddisk SATA ini memiliki 4 pin untuk transmisi data dan memiliki 7 pin tambahan untuk power supply. Pin power supply ini berfungsi untuk mengantarkan arus listrik.

Harddisk SATA ini memiliki kecepatan transfer yang lebih cepat daripada harddisk IDE dan ATA. Karena hal tersebut jenis ini masih banyak digunakan oleh pengguna komputer pada zaman ini.

4. Harddisk SCSI

Jenis Harddisk SCSI

Harddisk SCSI (Small Computer System Interface) adalah harddisk yang mempunyai kecepatan yang lebih cepat dibandingkan dengan 3 harddisk diatas. Harddisk SCSI ini juga bisa mencapai kapasitas sebesar 5 TB.

Harddisk SCSI ini biasanya digunakan oleh komputer server. Karena harddisk ini memiliki kecepatan transfer dan kapasitas yang besar. Dan juga harddisk ini sering digunakan untuk komputer database.

Harddisk SCSI ini jarang digunakan oleh komputer pribadi atau PC. Mungkin tidak ada yang menggunakan jenis ini.

Jenis Harddisk Berdasarkan Tipenya

Berikut adalah jenis harddisk berdasarkan tipenya.

1. Harddisk Konvensional

Jenis Harddisk Konvensional

Harddisk Konvensional adalah harddisk biasa. Harddisk ini adalah harddisk yang menggunakan piringan cakram didalamnya. Piringan tersebut  akan berputar ketika dialirkan listrik.

Harddisk ini juga masih banyak digunakan oleh pengguna komputer pada saat ini. Karena harddisk ini memiliki beberapa kelebihan diantaranya adalah :

  • Harga yang murah
  • Mudah untuk didapatkan
  • Mempunyai kapasitas yang beragam

2. Harddisk SSD

Jenis Harddisk SSD

Harddisk SSD (Solid State Drive) adalah harddisk yang menggunakan chip sebagai media penyimpannya didalamnya. Dan SSD ini tidak menggunakan piringan didalamnya.

Baca Juga : Pengertian SSD Lengkap

Mungkin SSD tidak dapat disebut dengan harddisk karena SSD ini tidak menggunakan piringan yang berputar didalamnya. Namun fungsinya masih sama seperti harddisk yaitu untuk menyimpan file atau data dikomputer.

SSD ini adalah media penyimpanan yang bagus untuk digunakan pada saat ini. Karena SSD ini memiliki beberapa kelebihan yaitu :

  • Tidak berisik
  • Lebih stabil
  • Mempunyai kecepatan yang lebih cepat daripada harddisk biasa

Untuk kalian yang ingin tau perbedaan signifikan dari harddisk konvensional dengan SSD, kalian bisa membaca artikel dibawah ini.

Baca Juga : Perbedaan HDD dengan SSD

Sekian artikel kali ini tentang jenis harddisk. Share artikel ini ke teman kalian supaya teman kalian tau apa saja jenis jenis harddisk yang ada pada komputer. Sekian artikel kali ini saya harap bisa bermanfaat bagi kalian semua.