12 Komponen Komputer Yang Harus Kalian Ketahui

2
137

Komputer merupakan alat yang sudah tidak asing lagi di zaman sekarang ini. Sudah banyak orang yang tahu apa itu komputer. Komputer adalah teknologi yang dapat mengolah data menurut prosedur yang sudah ditentukan. Komputer ini memudahkan sekali seseorang untuk bekerja, terutama yang pekerjaannya mengolah data.

Baca Juga : Pengertian Komputer Beserta Fungsi, Jenis, dan Komponennya

Bukan hanya memudahkan untuk mengolah data, tetapi komputer juga memudahkan seseorang untuk menghitung. Komputer bisa digunakan untuk menghitung angka dan mengolahnya. Komputer ini memiliki komponen-komponen yang ada di dalamnya, tanpa komponen ini komputer tidak bisa berjalan dengan baik.

12 Komponen Komputer

Berikut adalah 12 komponen yang ada pada komputer menurut Tekno Square.

1. Motherboard

Motherboard

Merupakan salah satu komponen yang bentuknya seperti papan. Motherboard ini adalah tempatnya berbagai macam komponen – komponen perangkat keras yang saling terhubung. Motherboard berfungsi sebagai pusat semua perangkat keras komputer supaya saling berhubungan satu sama lain. Tanpa adanya motherboard, komputer tidak akan berfungsi karena motherboard ini sangatlah penting.

2. Processor

Processor

Processor merupakan komponen komputer yang banyak dibilang sebagai otak komputer. Maksutnya otak disini adalah yang dapat menjalankan proses dan pengendali kerja komputer dan berhubungan dengan perangkat keras lainnya. Processor berfungsi untuk memproses data yang diterima dari input lalu akan dihasilkan keluarannya atau outputnya. Komputer tidak akan berjalan jika tidak ada processor karena tidak bisa untuk memproses data atau mengeluarkan hasil datanya.

3. RAM (Random Access Memory)

Random Access Memory

RAM singkatan dari Random Access Memory adalah sebuah memori atau penyimpanan komputer yang bisa dipakai sementara ketika komputer dinyalakan dan diakses secara acak. RAM berfungsi untuk menyimpan program yang diolah ketika komputer sedang nyala saja, jika komputer mati maka data yang ada di RAM akan hilang.

4. Harddisk

Harddisk

Harddisk atau biasa disingkat HDD merupakan komponen yang dapat menyimpan data sekunder dan sifatnya permanen, jadi jika komputer dimatikan data tersebut tidak akan hilang. Harddisk ini berfungsi untuk menyimpan data secara tetap dan dapat diakses kapan saja. Jika komputer tidak ada harddisk maka komputer tersebut tidak bisa berjalan.

5. Power Supply

Power Suply

Power Supply adalah komponen yang bentuknya seperti kotak dan isinya kabel-kabel yang berfungsi untuk menyalurkan tenaga kedalam komponen lainnya. Power Supply berfungsi untuk menyuplai tegangan listrik langsung ke komponen lainnya seperti RAM, Motherboard, Harddisk, CD-Rom, dan lainnya.

6. VGA Card

VGA Card

Video Graphics Accelerator atau VGA adalah komponen komputer yang berperan dalam menampilkan output komputer ke monitor. VGA berfungsi untuk mengolah data grafik lalu ditampilkan ke monitor. Jika tidak ada VGA maka tampilan monitor akan hitam atau blank.

7. Heatsink

Heatsink

Heatsink merupakan komponen komputer yang berbentuk kipas. Komponen ini bisa menghilangkan panas ketika komputer sedang dijalankan, jika tidak ada komponen ini besar kemungkinan akan terjadinya kebakaran karena panas yang terjadi di dalam komponen komputer lainnya.

8. CD-ROM

CD-ROM

CD-ROM atau Compact Disk Read-only Memory merupakan komponen yang dapat membaca CD lalu dapat menyimpannya. CD-ROM berfungsi untuk membaca CD yang dimasukkan dan juga bisa digunakan ketika penginstallan Operating System atau biasa disebut dengan OS atau software atau game. Jika CD-ROM tidak ada maka akan susah untuk melakukan penyimpanan melalui CD tetapi jika tidak ada komputer masih bisa berjalan.

9. Casing

Casing

Casing adalah komponen yang dapat untuk melindungi CPU atau Motherboard. Casing ini berbentuk persegi panjang. Casing berfungsi untuk pelindung dan pendingin tambahan, biasanya casing modern terdapat kipas tambahan yang berfungsi untuk mendinginkan komponen lainnya.

10. Monitor

Monitor

Monitor merupakan komponen yang dapat menampilkan gambar dari output yang berasal dari VGA. Tanpa adanya monitor, kita tidak akan bisa melihat apa yang sudah dikeluarkan oleh komputer, jadi monitor ini penting untuk komputer.

11. Keyboard

Keyboard

Keyboard merupakan komponen yang berfungsi untuk mengetik sesuatu. Keyboard ini masuk ke dalam tipe input karena berfungsi untuk memasukkan data melalui ketikan. Walaupun komputer bisa dijalankan tanpa adanya keyboard, tetapi untuk apa jika komputer jalan tidak memakai keyboard.

12. Mouse

Mouse

Mouse merupakan komponen yang berfungsi untuk menggerakkan kursor yang terdapat pada layar monitor dan berfungsi untuk mengklik suatu program yang ada pada komputer.

Itulah 12 komponen komputer yang penting. Jika tidak ada komponen itu, maka komputer tidak akan berjalan dengan baik. Silahkan share artikel ini ke orang lain agar bisa bermanfaat bagi lainnya. 😀

Sumber : Wikipedia