7 April 2021
Dark Mode Google Maps

Google Menghadirkan Mode Gelap Untuk Maps Versi Android

TEKNOSQUARE.com – Setelah dilakukan pengujian pada September 2020, Google akhirnya secara resmi memperkenalkan fitur Dark Mode di aplikasi Maps untuk Android. Dalam mode ini, latar belakang peta akan menjadi yang paling gelap dan gambar jalan akan ditampilkan dalam warna abu-abu yang sedikit lebih terang.

Meskipun Mode Gelap diaktifkan, teks, pin, dan ikon masih tampak lebih terang dan jelas. Ada tiga warna yang ditampilkan untuk menunjukkan situasi lalu lintas. Merah melambangkan kemacetan lalu lintas, kuning melambangkan rintangan, dan hijau melambangkan kondisi jalan mulus, mirip dengan Maps ketika sedang menggunakan mode terang.

Baca Juga : Prediksi Tren Teknologi 2021, Mulai AI, Hybrid Cloud, Sampai Cyber Security

Dilansir dari Android Police, fungsi mode gelap di Google Maps dapat dipilih melalui menu “Appearance” baru di halaman setting. Tersedia tiga pilihan tampilan, yaitu “Always in the light theme (terang)”, “Always in the dark theme (gelap)” dan “Same as the device theme (default)”.

Mode Gelap Untuk Maps Di Android

Mode Gelap Untuk Maps
Source : Android Police

Jika pengguna memilih tema “Always in Light theme” maka Google Maps hanya akan menampilkan mode terang. Sedangkan opsi “Always in dark theme” bisa dipilih untuk menampilkan mode gelap. Sedangkan pada pilihan “Same as device theme”, Google Maps akan menyesuaikan mode gelap / terang sesuai dengan tema yang digunakan pada ponsel Anda. Cukup klik “Always in Dark theme”, lalu pilih Simpan untuk menerapkan mode gelap. Tampilan Google Maps secara otomatis akan berubah menjadi warna yang sebagian besar gelap.

Baca Juga : Ponsel Gulung Besutan LG Mulai Diperlihatkan

Menurut Teknosquare, masih banyak pengguna Google Maps Indonesia yang tidak mendapatkan update atau fitur dark mode. Kemungkinan mode gelap ini akan diluncurkan secara bertahap. Namun, tidak diketahui kapan mode ini akan tersedia di Google Maps untuk iOS.

Tema gelap tidak dapat dipungkiri merupakan tren tersendiri saat ini. Mode Gelap dianggap lebih ramah di mata pengguna dan dapat memperpanjang masa pakai baterai perangkat sehingga baterai ponsel lebih awet untuk digunakan. Sekadar informasi, layanan peta digital ini sebenarnya memiliki mode malam. Namun mode ini hanya akan aktif saat Google Maps digunakan dalam kondisi minim cahaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *