Pengertian Bitcoin Beserta Keunggulan, Kekurangan dan Cara Mendapatkannya

2
43

Bitcoin – Pastinya dari kalian yang membaca artikel ini sudah pernah mendengar kata bitcoin. Namun belum mengetahui apa dan maksud dari bitcoin itu tersendiri. Pada artikel ini admin teknosquare akan membahas mengenai bitcoin, mulai dari pengertian bitcoin, keunggulan, kekurangan dan cara mendapatkannya.

Pengertian Bitcoin

Bitcoin adalah jenis uang elektronik yang diciptakan pada tahun 2009 oleh seseorang yang bernama Satoshi Nakamoto. Jenis uang elektronik ini memakai database atau basis data yang didistribusikan dan tersebar di node-node dari suatu jaringan peer to peer ke jurnal transaksi dan memakai kriptografi.

Kenapa memakai kriptografi ?. Agar bitcoin memiliki keamanan dasar, seperti agar bitcoin hanya bisa digunakan oleh orang yang memilikinya dan tidak bisa digunakan oleh orang lain yang tidak memilikinya. Dan tidak bisa dilakukan lebih dari 1 kali, artinya bitcoin hanya bisa digunakan sekali saja.

Bitcoin ini membolehkan untuk hak kepemilikannya tanpa adanya identitas atau biasanya disebut anonymous. Bitcoin ini bisa disimpan di pc dengan format file wallet, dan dapat dikirim melalui internet ke siapa saja yang memiliki sebuah alamat bitcoin.

Dengan topologi peer-to-peer, bitcoin tidak dapat dimanipulasi oleh siapa saja dan tidak bisa merubah nilai bitcoin tersebut, atau menyebabkan terjadinya inflasi dengan memproduksi bitcoin yang jumlahnya banyak. Bitcoin merupakan salah satu implementasi pertama dari cryptocurrency.

Baca Juga : Apa Itu Cryptocurrency ?

Keunggulan Bitcoin

Bitcoin memiliki beberapa keunggulan yaitu :

#Dapat Transfer Kemana Saja

Bitcoin dapat dikirim ke siapa pun dengan cepat dalam hitungan detik, kapanpun dan dimana saja. Untuk mengirim bitcoin, hanya membutuhkan perangkat komputer dan koneksi internet.

#Transfer Secara Cepat / Instant

Dengan adanya topologi peer-to-peer. Bitcoin berjalan tanpa adanya server pusat. Server penyimpanan bitcoin ini bersifat terdistribusi dan desentralisasi. Dan dibagi ke berbagai server yang digunakan oleh pengguna yang terkoneksi ke dalam jaringan.

#Biaya Untuk Transfer Yang Kecil

Biaya untuk transfer atau mengirimkan bitcoin ke orang lain bisa gratis. Namun untuk mempercepat proses transaksi, biasanya akan membayar sebesar 500-3000 rupiah. Dan juga tidak peduli jika jumlah bitcoinnya banyak.

#Bitcoin Tidak Dikendalikan Oleh Pemerintah Atau Lembaga Apapun

Bitcoin ini memakai sebuah database blockchain. Artinya bitcoin tidak bisa dikendalikan oleh pihak manapun, baik itu pemerintah maupun pihak swasta. Dan bitcoin ini terbuka secara umum dan tidak mungkin seseorang dapat memalsukan transaksi bitcoin ini.

Setiap transaksi yang dilakukan dengan bitcoin ini, akan tercatat secara langsung, transparan dan tersebar ke berbagai server di dunia. Jadi, jika seseorang ingin merubah data transaksi bitcoin, maka harus meretas server-server tersebut yang jumlahnya bisa jutaan server secara bersamaan.

#Transaksi Pada Bitcoin Bersifat Pseudonymous

Maksut dari pseudonymous adalah setiap transaksi yang dilakukan dan saldo yang dimiliki oleh pengguna dapat dilihat, namun kita tidak dapat mengetahui siapa pemilik alamat tersebut jika pemiliknya tidak memberitahu.

Setiap orang yang menggunakan bitcoin sebenarnya dapat memilih apakah namanya akan dimunculkan atau tidak. Walaupun pengguna tersebut merahasiakan identitasnya, semua transaksi yang dilakukannya akan tetap tercatat dan bisa dipantau oleh orang lain.

Kekurangan Bitcoin

Kekurangan Bitcoin

Bukan hanya kelebihannya, bitcoin juga memiliki beberapa kekurangannya. Berikut adalah kekurangan dari bitcoin.

#Transaksi Bitcoin Bersifat Irreversible

Maksut dari Irreversible ini adalah sekali ditransfer ke orang lain, tidak bisa dibatalkan. Jadi tidak bisa membatalkan transfer yang sudah dilakukan oleh pengguna bitcoin. Transfer tidak bisa dibatalkan kecuali orang yang dikirimkan bitcoin itu bersedia untuk mengirimkan bitcoinnya kembali.

#Jumlah Bitcoin Terbatas

Jumlah bitcoin yang ada diseluruh dunia ini hanya 21 juta. Sistem pembuatan bitcoin ini terus berkurang setiap 4 tahun sekali. Hal ini menyerupai terjadinya deflasi dan semakin dikitnya jumlah bitcoin, maka harga bitcoin akan naik.

Cara Mendapatkan Bitcoin

Kalian yang menginginkan bitcoin bisa melakukan dengan cara membeli bitcoin dan juga menambang bitcoin. Untuk kalian yang ingin membeli bitcoin, kalian dapat melakukannya di website indodax (indonesia), btcchina (china) dan masih banyak lagi.

Sekian artikel kali ini tentang pengertian bitcoin. Share artikel ini ke teman kalian supaya dapat bermanfaat bagi mereka. Saya harap artikel ini dapat bermanfaat bagi kalian semua yang membacanya.

Referensi : Indodax