Pengertian Harddisk Beserta Fungsi, Jenis, dan Komponen

2
41

Harddisk – Mungkin kalian pernah mendengar istilah harddisk ini. Pastinya hampir semua orang terutama generasi muda saat ini pernah mendengar kata harddisk ini, bahkan sebagian dari generasi muda tersebut sudah tau apa itu harddisk.

Pada kali ini admin teknosquare akan membahas apa itu harddisk, mulai dari pengertian harddisk, fungsi harddisk, jenis harddisk, dan komponen yang ada pada harddisk.

Pengertian Harddisk

Harddisk atau yang biasa disingkat HDD merupakan salah satu komponen hardware yang tugasnya untuk menyimpan data di komputer dan isi dari harddisk tersebut berupa piringan magnetis.

Harddisk ini dibuat oleh seorang insinyur IBM yang bernama Reynold Johnshon di tahun 1956. Harddisk yang dibuat pertama kali tersebut isinya terdiri dari 50 buah piringan yang berukuran 2 kaki atau 0,6 meter. Dan memiliki kapasitas penyimpanan sebesar 4,4 MB dengan kecepatan perputarannya sebesar 1.200 rpm / rotate per minute.

Namun, harddisk pada zaman sekarang sudah ada yang berukuran 0,6 cm, ini lebih kecil 10 kali lipat dibandingkan dengan harddisk yang dibuat pertama kali. Dan mempunyai kapasitas penyimpanan sebesar 750 GB, bahkan sekarang sudah ada kapasitas sebesar 14 TB.

Dan kecepatan perputaran harddisk saat ini rata-rata sebesar 5.400 rpm dan 7.200 rpm. Bahkan produsen harddisk saat ini sudah menambah kecepatan perputarannya menjadi 10.000 rpm sampai 15.000 rpm.

Harddisk ini termasuk ke dalam kategori non-volatile, non-volatile merupakan kategori memori yang ketika hardware tersebut tidak diberikan aliran listrik. Maka data yang ada di hardware tersebut tidak akan hilang. Jadi, jika harddisk tidak ada aliran listrik, maka data yang ada di harddisk tidak akan hilang.

Harddisk pada saat ini juga sudah ada jenis yang eksternal dan internal. Yang internal merupakan harddisk yang dipasang didalam perangkat komputer. Sedangkan yang eksternal adalah harddisk yang dapat dipasang dari luar komputer dengan memakai kabel USB untuk menghubungkannya.

Fungsi Harddisk

Dari pengertian diatas, pastinya kalian sudah tau bahkan sudah paham apa itu harddisk dan juga fungsinya. Nah untuk kalian yang belum mengerti fungsi harddisk, saya akan memberitahu kalian, berikut fungsi harddisk.

  • Untuk menyimpan data-data pada sistem operasi.
  • Sebagai perangkat untuk membackup sebuah data.
  • Untuk menyimpan data pengguna.
  • Untuk menyimpan data software yang telah diinstall.

Jenis – Jenis Harddisk

Harddisk juga memiliki berbagai macam jenisnya, berikut adalah jenis-jenis harddisk yang ada didunia.

  1. Harddisk ATA / EIDE
    Harddisk ATA (Advanced Technology Attachment) / EIDE (Enhanced Integrated Drive Electronic) merupakan jenis harddisk yang menggunakan teknologi interface yang sesuai dengan koneksi ke bus dan dapat disambungkan ke bus PCI.
  2. Harddisk SCSI
    Harddisk SCSI (Small Computer System Interface) merupakan jenis harddisk yang dapat terhubung ke bus SCSI, dan juga mempunyai kemampuan yang lebih baik daripada harddisk jenis ATA / EIDE.
  3. Harddisk RAID
    Harddisk RAID (Redundant Array of Independent Disks) merupakan jenis harddisk yang mempunyai kemampuan untuk mengatasi kesalahan ketika proses penyimpanan. Dan memiliki kemampuan penyimpanan yang besar.
  4. Harddisk SATA
    Harddisk SATA (Serial Advanced Technology Attachment) merupakan salah satu jenis harddisk yang sudah terkenal karena memiliki kecepatan transfer data yang cepat, dan mampu mengurangi delay.

Untuk lebih jelasnya lagi mengenai jenis – jenis harddisk. Silahkan kalian baca artikel dibawah ini.

Baca Juga : Jenis – Jenis Harddisk

Komponen Harddisk

Komponen - Komponen Harddisk

Harddisk memiliki beberapa komponen didalamnya, berikut adalah komponen-komponennya.

  • Spindel
    Spindel adalah komponen yang terdapat didalam harddisk dan memiliki fungsi untuk menahan platter agar platter tetap berada dalam posisi awal ketika berputar.
  • Platter
    Platter merupakan komponen harddisk yang memiliki fungsi untuk menyimpan data yang ada pada komputer. Platter ini dibuat dari bahan yang keras seperti kaca, alumunium, keramik, dan biasanya ditutup oleh bahan magnetis.
  • Read / Write Head
    Read / Write Head merupakan salah satu komponen yang ada pada harddisk dan mempunyai fungsi untuk menulis, membaca dan menghapus data yang terdapat pada platter.
  • Read / Write Actuator Arm
    Read / Write Actuartor Arm adalah komponen yang ada pada harddisk dan memiliki fungsi untuk menyesuaikan letak atau posisi dari Read / Write Head.

Mungkin kalian juga pernah mendengar SSD dalam media penyimpanan komputer. Mungkin kalian juga bertanya-tanya perbedaan HDD dan SSD itu apa. Nah kalian dapat melihat jawabannya dengan membaca artikel dibawah ini.

Baca Juga : Perbedaan HDD dan SSD

Nah itulah tadi artikel tentang pengertian harddisk beserta fungsi, jenis dan komponennya. Kesimpulannya adalah harddisk merupakan perangkat yang berfungsi untuk menyimpan sebuah data pada komputer.

Tanpa adanya harddisk, komputer mungkin bisa digunakan, namun pada saat ini komputer yang tidak memiliki harddisk pasti tidak berguna. Karena pekerjaan yang dilakukan oleh komputer pada saat ini hampir semuanya harus menyimpan data pada harddisk.

Sekian artikel kali ini tentang pengertian harddisk. Share artikel ini ke teman kalian supaya dapat bermanfaat bagi mereka. Saya harap artikel ini dapat bermanfaat bagi kalian semua yang membaca.