Pengertian Sistem Komputer Beserta Fungsi dan Komponennya

2
57

Pengertian Sistem Komputer – Mungkin dari kalian agak asing dengan kata sistem komputer ini. Namun untuk orang yang sudah bergabung didunia IT pastinya sudah tidak asing dengan sistem komputer ini.

Namun pastinya semua orang sudah tidak asing dengan kata komputer. Dan pastinya sudah hampir semua orang pernah menggunakan komputer ini. Komputer merupakan sebuah teknologi yang banyak digunakan pada zaman ini.

Komputer adalah sebuah alat yang dapat membantu manusia untuk melakukan proses penghitungan, proses penginputan data dan sebagainya. Komputer memiliki sistem yang digunakan untuk melakukan perintah-perintahnya.

Baca Juga : Pengertian Komputer

Sistem yang ada pada komputer tersebut saling berhubungan satu sama lain agar dapat bekerja secara maksimal. Pada artikel ini saya akan membahas mengenai sistem komputer.

Pengertian Sistem Komputer

Sistem komputer merupakan sebuah jaringan elektronik yang isinya terdiri dari hardware dan software yang saling berhubungan dan memiliki tugasnya masing-masing, seperti menerima data, memproses data, mengeluarkan data, dan menyimpan data.

Sistem komputer juga dapat diartikan sebagai elemen – elemen atau komponen – komponen yang saling terhubung dan terkait untuk melakukan aktivitas yang digunakan pada komputer. Komputer ini bisa membantu pekerjaan manusia baik itu di kantor, rumah dan sekolah.

Elemen atau komponen tersebut biasanya terdiri dari hardware (perangkat keras), software (perangkat lunak), dan brainware (manusia atau pengguna). Sistem komputer ini memiliki fungsi yang luar biasa untuk komputer. Berikut adalah penjelasan tentang fungsi sistem komputer.

Fungsi Sistem Komputer

Fungsi Sistem Komputer

Berikut adalah fungsi-fungsi pada sistem komputer :

#Memasukkan Data

Fungsi yang pertama adalah menginput suatu data. Sistem komputer ini berfungsi untuk menginput semua jenis data yang dimasukkan pada hardware inputan seperti keyboard, mouse dan lainnya.

#Memproses Data

Fungsi yang kedua pada sistem komputer yaitu memproses suatu data. Data yang sudah di input tadi melalui hardware inputan nanti akan diproses oleh prosesor dan data tersebut akan dirubah oleh prosessor menjadi sebuah data yang dapat dimengerti oleh memori.

#Mengeluarkan Data

Fungsi yang ketiga yaitu mengeluarkan data. Data yang diproses oleh prosesor tadi akan di keluarkan melalui hardware output seperti monitor, printer dan lainnya. Data yang keluar dapat berupa informasi, gambar, dan suara.

#Menyimpan Data

Fungsi yang keempat adalah menyimpan data. Data yang dikeluarkan melalui hardware output akan disimpan di memori. Data tersebut juga bisa berupa informasi, gambar, video, dan suara.

Komponen Sistem Komputer

Komponen - Komponen Sistem Komputer

Sistem komputer merupakan sebuah jaringan yang isinya terdapat elemen atau komponen – komponen komputer yang saling terhubung. Komponen tersebut dibagi menjadi tiga, yaitu :

#1. Hardware (Perangkat Keras)

Hardware atau yang sering disebut perangkat keras merupakan komponen yang ada pada sistem komputer dan memiliki bentuk fisik yang dapat dilihat dan disentuh. Hardware ini juga dibagi lagi menjadi beberapa bagian, yaitu :

#Hardware Input

Hardware inputan adalah hardware atau perangkat keras yang memiliki fungsi untuk menginput data yang dilakukan oleh pengguna. Data – data yang akan diinput melalui hardware ini akan diproses di prosesor menjadi sebuah angka biner. Hardware inputan ini meliputi mouse, keyboard, scanner, webcam, dan lainnya

#Hardware Proses

Hardware proses ini adalah hardware yang bertugas untuk memproses data yang berasal dari hardware inputan. Data tersebut akan diproses menjadi sebuah data yang dapat dimengerti komputer atau akan diproses menjadi angka biner.

Data yang sudah diproses itu akan menjadi sebuah data yang dapat menampilkan hasil pada hardware output dan akan disimpan ke perangkat memori. Hardware proses ini meliputi prosesor. Tanpa adanya prosesor ini, komputer tidak akan berjalan normal.

#Hardware Output

Hardware output berfungsi untuk menampilkan sebuah informasi data yang berasal dari hardware input. Jadi data yang sudah diproses di hardware proses atau di prosesor akan ditampilkan pada hardware ini.

Data yang ditampilkan tersebut dapat berupa informasi, gambar, video, dan suara. Hardware output meliputi monitor, speaker, printer, dan lainnya.

#Hardware Storage

Hardware storage berfungsi untuk menyimpan data yang di input oleh hardware input dan yang sudah diproses oleh hardware proses atau prosesor. Jadi data yang sudah di input akan disimpan terlebih dahulu di hardware storage lalu diproses, dan hasil proses tersebut juga disimpan terlebih dahulu sebelum hasilnya di tampilkan pada hardware output.

#2. Software (Perangkat Lunak)

Lalu komponen yang kedua adalah software. Software atau yang biasa disebut perangkat lunak merupakan perangkat yang dapat dilihat namun tidak berbentuk, bisa dibilang tidak dapat disentuh.

Software ini berupa program atau aplikasi yang terdapat pada komputer. Software dapat diartikan sebagai kumpulan data elektronik yang tersimpan dan dapat diatur oleh komputer.

Walaupun software tidak dapat disentuh, tetapi software dapat digunakan oleh manusia. Software memiliki berbagai macam jenisnya, berikut beberapa jenis software.

#Application Program

Application Program atau dalam bahasa Indonesia nya Program Aplikasi adalah software yang bisa digunakan untuk melakukan pekerjaan – pekerjaan manusia seperti pekerjaan kantor, pekerjaan sekolah dan pekerjaan rumah.

Contoh software program aplikasi adalah Google Chrome, Microsoft Word, Microsoft Power Point, Kalkulator dan sebagainya.

#Utility Program

Utility Program atau biasa disebut program tambahan merupakan software yang dapat digunakan untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan tambahan, software jenis ini biasa disebut dengan software dukungan atau aplikasi pendukung. Contoh dari software ini adalah data recovery, screensaver dan lainnya.

Baca Juga : Pengertian Software Beserta Fungsi dan Jenisnya

#3. Brainware (Pengguna)

Brainware adalah manusia yang menggunakan perangkat komputer atau yang menjalankan sebuah perangkat komputer. Brainware ini sangatlah penting dalam komputer. Jadi jika tidak ada brainware atau pengguna, maka komputer tidak akan berguna.

Itulah tadi beberapa komponen penting yang terdapat pada sistem komputer. Sekian artikel kali ini tentang pengertian sistem komputer. Share artikel ini ke teman kalian supaya dapat bermanfaat bagi mereka. Saya harap artikel ini dapat bermanfaat bagi kalian semua yang membacanya.

Sumber : Wikipedia