Perbedaan HDD dan SSD Yang Harus Kalian Ketahui

2
43

Perbedaan HDD dan SSD – Pastinya di semua jenis perangkat komputer terdapat sebuah perangkat penyimpanan atau yang biasa disebut perangkat storage. Nah perangkat penyimpanan tersebut biasanya disebut HDD atau Harddisk. Tapi pasti kalian juga pernah mendengar perangkat penyimpanan yang bernama SSD.

Perbedaan HDD dan SSD

Pada kali ini admin teknosquare akan membahas perbedaan dari HDD dan SSD. Sebenarnya kedua nama tersebut merupakan perangkat yang sama, yaitu perangkat penyimpanan pada sebuah komputer. Oke langsung saja ke perbedaan HDD dan SSD.

Pengertian HDD (Harddisk)

Pengertian Harddisk (HDD)

HDD atau Harddisk merupakan sebuah komponen hardware yang dapat menyimpan data dan isinya terdapat piringan magnetis. Harddisk pada saat ini sudah ada dengan kapasitas sebesar 1TB, bahkan ada yang lebih.

HDD pada saat ini memiliki kecepatan perputaran sebesar 5.400 rpm dan 7.200 rpm, bahkan ada yang sudah mengembangkan hingga 10.000 rpm dan 15.000 rpm. Dan memiliki kapasitas sebesar 750 GB, bahkan sudah ada yang sebesar 14 TB.

Ukuran HDD zaman ini juga sudah mengecil dibandingkan zaman dulu yang berukuran 2 kaki atau 0,6 meter. HDD zaman ini sudah mengecil dan memiliki ukuran sebesar 0,6 cm, ini lebih kecil 10 kali lipat dibandingkan dengan HDD zaman dulu.

Data yang disimpan pada HDD tidak akan hilang jika tidak diberikan aliran listrik. Jenis penyimpanan data ini termasuk kedalam jenis non-volatile. Dalam sebuah HDD, biasanya ada lebih dari satu piringan magnetis untuk memperbesar data yang ditampung.

Kelebihan HDD

Berikut adalah kelebihan dari HDD :

  • Harganya terjangkau murah.
  • Usia penggunaan HDD jauh lebih lama dibandingkan SSD
  • Masih banyak digunakan di komputer-komputer pada saat ini.

Kekurangan HDD

HDD pun memiliki kelebihan dan kekurangannya juga, berikut adalah kekurangan HDD.

  • Mudah rusak jika terjadi guncangan yang besar, karena disk bagian dalamnya itu sensitif dengan guncangan.
  • HDD ketika digunakan biasanya mengeluarkan suara yang tidak enak untuk didengar, karena komponen-komponen yang ada didalam HDD itu merupakan piringan yang berputar.

Untuk kalian yang ingin mengetahui pengertian lengkap tentang HDD, silahkan kalian lihat artikel dibawah ini.

Baca Juga : Pengertian Harddisk Beserta Fungsi, Jenis dan Komponennya

Pengertian SSD (Solid-State Drive)

Pengertian SSD

SSD atau kepanjangan dari Solid-State Drive merupakan sebuah komponen penyimpanan data yang menggunakan memori jenis non-volatile, sama seperti HDD menggunakan memori jenis non-volatile, namun SSD tidak menggunakan piringan seperti HDD.

Data yang disimpan di SSD pun sama seperti HDD, tidak akan hilang jika tidak diberikan aliran listrik, karena SSD menggunakan jenis memori yang sama seperti HDD yaitu memori non-volatile.

SSD dibuat pertama kali pada tahun 1960-an dan digunakan untuk komputer super IBM yaitu Cray dan Amdahl. Namun SSD tidak bisa diproduksi dikarenakan harganya yang mahal. Tetapi, proyek SSD dimulai lagi dengan adanya SSD buatan StorageTek pada akhir 1970-an.

SSD dapat dibagi menjadi dua kelompok, yaitu Flash dan DRAM (Dynamic Random Access Memory). Jenis SSD yang banyak dipasaran pada saat ini adalah jenis Flash.

Jenis Flash yang sering ditemui disekitar kita adalah Flash Disk, Secure Digital Card (SD Card), Multi Media Card, Micro SD Card, dan Compact Flash. Sementara SSD yang memiliki ukuran fisik sebesar HDD sudah ada pada tahun 2008 dan sudah populer saat ini dipasaran.

Kelebihan SSD

Berikut adalah beberapa kelebihan dari SSD :

  • SSD lebih cepat dibandingkan dengan HDD dalam kecepatan read and write atau dalam mentransfer data.
  • SSD lebih ringan daripada HDD.
  • SSD lebih hemat listrik.
  • SSD ketika digunakan tidak mengeluarkan suara, karena didalamnya tidak ada piringan yang berputar seperti HDD.

Kekurangan SSD

SSD pun juga memiliki kekurangannya, berikut adalah kekurangan SSD :

  • Umur penggunaan SSD lebih sedikit daripada HDD.
  • Harga SSD lebih mahal daripada HDD.

Bagi kalian yang ingin mengetahui apa itu SSD secara lengkap, silahkan liat artikel dibawah ini :

Baca Juga : Pengertian SSD Beserta Fungsi dan Komponennya

Kesimpulan

Nah dari penjelasan singkat mengenai HDD dan SSD diatas, pastinya kalian sudah mendapatkan kesimpulan mana yang lebih baik dari kedua komponen tersebut.

SSD jauh lebih baik dalam hal kecepatan transfer data dibandingkan dengan HDD, namun SSD juga memiliki kekurangannya yaitu harganya yang jauh lebih mahal daripada HDD.

Jadi, jika kalian mencari komponen penyimpanan yang memiliki kecepatan transfer yang bagus dan kalian mempunyai budget yang lebih, kalian pilih SSD. Namun, jika kalian hanya mencari komponen penyimpanan yang sebatas hanya bisa menyimpan data, lebih baik kalian memilih HDD.

Sekian artikel kali ini tentang perbedaan HDD dan SSD. Share artikel ini ke teman kalian supaya teman kalian tau bedanya dari HDD dan SSD. Saya harap artikel ini dapat bermanfaat bagi kalian semua.