13 Agustus 2020
5 Text Editor Terbaik untuk Coding

5 Text Editor Terbaik untuk Programmer Yang Wajib Dicoba

Text Editor Terbaik – Bagi kalian para programmer pasti sudah tidak asing dengan kata text editor. Text editor merupakan software yang wajib digunakan oleh para programmer didunia. Karena tanpa text editor, programmer tidak dapat membuat sebuah aplikasi.

Sebelum kita membahas text editor terbaik apa saja yang bagus untuk digunakan ketika ngoding, alangkah baiknya kita mengetahui pengertian dari text editor terlebih dahulu.

Baca Juga : 5 Rekomendasi Aplikasi Streaming Musik Di Android 2020

Pengertian Text Editor

Text Editor adalah jenis software atau perangkat lunak yang digunakan untuk menyunting text biasa. Penyunting text berbeda dengan pengolah kata seperti Word, karena software ini tidak dapat fitur – fitur untuk mengatur dokumen seperti software pengolah kata.

Text editor biasanya sudah terinstall langsung oleh sistem operasi dan dapat digunakan untuk membuat kode sumber bahasa pemrograman dan mengubah berkas konfigurasi. Biasanya text editor digunakan untuk membuat kode sumber bahasa pemrograman.

Text editor bawaan biasanya berbeda dengan text editor yang dikhususkan untuk programming. Perbedaannya terdapat pada tampilannya dan fungsi – fungsinya. Tampilan pada text editor khusus programming biasanya enak dilihat dan setiap kode – kodenya memiliki warna yang berbeda-beda.

5 Text Editor Terbaik untuk Programmer

Berikut adalah 5 Text Editor terbaik versi Tekno Square

1. Visual Studio Code

Text Editor Visual Studio Code

Text editor pertama yang bagus untuk digunakan adalah Visual Studio Code atau yang biasa disingkat VSCode. VSCode ini pada akhir – akhir ini banyak digunakan oleh para programmer – programmer di Indonesia bahkan di dunia.

VSCode adalah text editor besutan Microsoft. VSCode ini dapat kalian install pada sistem operasi Windows, Linux, dan MacOS. Kenapa Microsoft merilis pada sistem operasi Linux dan MacOS ?, karena Microsoft mengetahui bahwa tidak semua programmer itu menggunakan sistem operasi windows.

VSCode sudah didukung oleh berbagai macam jenis bahasa pemrograman seperti PHP, Javascript, Java, C++, C#, Go, Perl, Ruby, XML, F# dan masih banyak lagi. VSCode juga memiliki tampilan yang sederhana dan enak dilihat. Seperti text editor khusus programming pada umumnya, VSCode mempunyai fitur syntax coloring dan bracket matching.

VSCode juga memiliki fitur IntelliSense. Fitur ini merupakan fitur yang dapat membantu programmer dalam mengetik kode melalui popup yang muncul secara otomatis ketika programmer tersebut sedang mengetik.

VSCode juga memiliki fitur lainnya yang tidak kalah keren, yaitu fitur version control git. Fitur ini akan mempermudah programmer melakukan commit, melihat terjadinya perubahan pada repositori master ataupun branch.

Spesifikasi Rekomendasi Pada VSCode Untuk Windows:

  • Processor berkecepatan 1.6 GHz
  • RAM 1GB
  • Windows 7 (dengan .NET Framework 4.5.2), Windows 8.0, Windows 8.1, dan Windows 10

2. Sublime Text

Text Editor Sublime Text

Text editor yang terbaik kedua adalah Sublime Text. Sublime Text ini juga tidak kerennya dengan VSCode. Banyak programmer didunia yang menggunakan sublime text ini karena memiliki kelebihan – kelebihan yang tidak kalah kerennya dengan VSCode.

Sublime Text adalah text editor berbasis Python Application Interface yang memiliki fitur-fitur canggih yang dapat meningkatkan kualitas programmer. Sublime Text dirilis pada tahun 2008 dan sampai saat ini sublime text sudah merilis versi 3 pada tanggal 29 Januari 2013.

Sublime text mendukung sistem operasi besar seperti Windows, Linux, dan MacOS. Dan juga sudah mendukung banyak bahasa pemrograman seperti PHP, Javascript, C, C#, C++, D, Go, Pascal, Perl, Python, R dan masih banyak lagi.

Sublime Text memiliki fitur – fitur canggih seperti GoTo Anything yang fiturnya dapat membantu untuk membuka file atau menjelajahi isi file dari keystrokes. Dan juga memiliki fitur Multiple Selection yang berfungsi untuk membuat perubahan kode sumber dalam waktu bersamaan dan baris yang berbeda.

Sublime text juga memiliki command pallete yang dapat digunakan untuk mengakses file shortcut dengan mudah. Dan juga memiliki fitur emmet untuk mempermudah programmer dalam mengetik kodenya dengan cepat dan mudah.

Sublime Text ini bersifat gratis namun lisensinya berbayar seharga $70. Jika tidak membeli lisensinya maka biasanya akan sering muncul popup untuk membeli lisensinya ketika menggunakannya.

Sublime Text dapat digunakan oleh komputer yang memiliki spesifikasi standar yaitu memiliki RAM 2GB dan processor dengan kecepatan 2.16 GHz.

Baca Juga : Cara Mudah Mengubah Youtube Menjadi Dark Mode

3. Atom

Text Editor Atom

Text editor ketiga adalah Atom. Text editor ini pun juga banyak digunakan oleh para programmer didunia dan juga di Indonesia. Atom merupakan saingan dari dua text editor diatas yaitu VSCode dan Sublime Text.

Atom dapat digunakan secara gratis tanpa memerlukan lisensi. Text editor ini memiliki fitur yang terhubung langsung dengan github yang memudahkan programmer untuk terhubung dengan project programmer tersebut secara langsung di github.

Atom juga memiliki fitur install packages yang mudah dilakukan. Packages ini berfungsi untuk meningkatkan performa dan kebutuhan si programmer dalam membuat sebuah aplikasi.

Atom juga mempunyai banyak template keren yang disediakan langsung oleh atom sendiri. Dan juga atom memiliki fitur customize styling yang dapat merubah settingan text pada atom sesuai dengan keinginan kita.

Dan masih banyak lagi fitur keren yang ada di atom.

4. Notepad++

Text Editor Notepad++

Text editor keempat adalah notepad++. Mungkin bagi para programmer software ini sudah tidak asing lagi karena sudah banyak para programmer yang menggunakan software notepad++ ini dan juga tidak diragukan lagi dengan fitur – fitur keren yang ada pada notepad++.

Notepad++ merupakan text editor yang berjalan di sistem operasi Windows. Notepad++ ini termasuk ke dalam jenis software gratis yang berarti dapat digunakan oleh orang – orang secara gratis.

Sudah banyak bahasa pemrograman yang didukung oleh notepad++ seperti C++, C, C#, Caml, COBOL, D, Fortran, Java, Javascript, JSP, PHP, Pascal, Ruby, R, SQL, dan masih banyak lagi.

Text editor ini sangat ringan untuk digunakan bahkan laptop dengan spesifikasi rendah juga dapat menggunakan text editor ini dengan cepat.

Notepad++ memiliki fitur bracket matching yang dimana ketika programmer membuka sebuah blok program, maka secara otomatis block program tersebut akan ditutup tanpa harus mengetikannya lagi.

Contohnya ketika programmer mengetikan tanda “{”, maka notepad++ akan secara otomatis menutup block tersebut dengan tanda “}”.

Notepad++ juga memiliki fitur Syntax Highlighting yang dimana dapat melihat warna pada setiap fungsi kode. Contohnya adalah ketika terdapat sebuah perintah kode seperti perintah percabangan dan perulangan, nah setiap perintah tersebut memiliki warna yang berbeda.

Dan masih banyak lagi fitur – fitur canggih yang tidak kalah keren dengan 3 text editor diatas.

5. Brackets

Text Editor Brackets

Brackets adalah text editor yang dikeluarkan oleh Adobe pada tahun 2014. Text editor ini diciptakan untuk orang-orang yang menekuni front-end development dan juga web design. Text editor ini memiliki berbagai macam fitur canggih didalamnya.

Fitur live preview yang ada di text editor ini dapat mempermudah para programmer ketika membuat sebuah website. Karena fitur ini dapat melihat secara langsung hasil dari code yang dituliskan tanpa harus menyimpan filenya tersebut.

Dengan adanya kelebihan tersebut, maka proses pembuatan website atau aplikasi akan lebih efektif karena tidak perlu menyimpan terlebih dahulu dan merefresh browsernya terlebih dahulu.

Dan juga masih banyak lagi fitur keren seperti inline editing, focused visual tools preprocessor, dan fitur – fitur keren lainnya. Text editor ini bersifat open source yang artinya bebas untuk digunakan oleh siapa saja.

Penutup

Itulah 5 text editor terbaik yang wajib dicoba oleh para programmer pemula atau baru. 5 text editor diatas memiliki kelebihannya dan kekurangannya masing-masing, tinggal kalian saja yang dapat menentukan text editor mana yang lebih kalian sukai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *