8 April 2021
Tren Teknologi 2021

Prediksi Tren Teknologi 2021, Mulai AI, Hybrid Cloud, Sampai Cyber Security

TEKNOSQUARE.com – Perusahaan raksasa teknologi Amerika Serikat International Business Machines (IBM) memprediksi bahwa layanan cloud hybrid (komputasi), teknologi kecerdasan buatan (AI), dan cyber security (keamanan siber) akan menjadi tren teknologi tahun depan. Dilansir dari kompas.com, ketiga hal inilah yang akan menjadi kekuatan utama terhadap transformasi digital di semua sektor, baik swasta maupun publik.

Baca Juga : Qualcomm Resmi Rilis Snapdragon 678, Performa Meningkat ?!

“Tiga hal ini sudah menjadi tren di dunia IT dan akan berkelanjutan di tahun depan,” kata Tan Wijaya, Presiden Direktur IBM Indonesia dalam acara pemaparan IBM Outlook 2021 yang digelar secara daring pada Kamis (17/12/2020).

Tren Teknologi 2021 Akan Lebih Memaksimalkan Sektor AI, Hybrid Cloud, Serta Cyber SecurityHybrid Cloud

Hybrid Cloud merupakan kombinasi dari cloud publik dan cloud pribadi. Biasanya, organisasi atau perusahaan menyimpan data sensitif menggunakan layanan cloud pribadi, sementara layanan lainnya disimpan di layanan komputasi publik. Menurut studi terbaru oleh IBM Institute for Business Value (IBV), lebih dari 74 persen organisasi global cenderung menggunakan cloud hybrid untuk meningkatkan keamanan dan ketahanan bisnis mereka.

Menurut IBM, selama pandemi ini, banyak perusahaan di Indonesia yang berupaya memfasilitasi kerja dengan ekosistem hybrid di mana karyawan bisa bergantian bekerja di kantor dan di rumah. Disamping itu, 6 dari 10 organisasi telah menerapkan kecerdasan buatan guna meningkatkan kepuasan pelanggan dan mempertahankan pelanggan.

Tan mengatakan bahwa kecerdasan buatan dapat digunakan untuk merancang strategi pasar dan menargetkan lebih banyak pelanggan yang dibidik oleh perusahaan.

Baca Juga : 5 Aplikasi Pemblokir Iklan Di Android

Baca Juga : Download MOD BUSSID (Truck, Bus, Mobil) Terbaru 2020

Menurut laporan IBV, sekitar 54 persen lebih perusahaan dengan kinerja terbaik menggunakan kecerdasan buatan untuk merencanakan rantai pasokan mereka. Cloud hybrid dan kecerdasan buatan adalah teknologi penting dalam mendorong perkembangan bisnis perusahaan yang bergerak secara digital. “Karena cloud menawarkan efisiensi biaya, sementara AI kini menjadi tolok ukur penting untuk bersaing dan menumbuhkan competitive advantages (keunggulan kompetitif/keuntungan dalam persaingan),” jelas Tan.Cyber Security

Selain hybrid cloud dan artificial intelligence, Cyber Security juga diproyeksikan akan menjadi tren teknologi 2021. Tan mengatakan penggunaan sistem keamanan siber sudah menjadi kebutuhan bagi sektor swasta dan publik. “Keamanan jadi penting, karena kalau kita mengalami peretasan, maka kerugiannya akan lebih besar,” kata Tan.

Menurut laporan IBM, lebih dari 72 persen perusahaan yang berproduktivitas tinggi sudah menerapkan kecerdasan buatan untuk mencatat dan melakukan penilaian risiko keamanan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *